oleh

5 Buah Langka Ini Hanya Ada di Indonesia, Sudah Pernah Coba Belum?

KEKAYAAN alam yang ada di Indonesia harus selalu disyukuri. Sebab, belum tentu semuanya dapat ditemukan di negara lain. Contohnya adalah buah-buahan. Meskipun buah bisa ditemui di setiap negara, namun itu biasanya hanya buah-buah yang familiar.

Ada beberapa buah langka yang hanya bisa ditemui di Tanah Air. Merangkum berbagai sumber, Sabtu (30/6/2018), inilah deretan buah tersebut:

banner 300x250

Buah keledang


Bagi Anda yang berasal dari Kalimantan tentu sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini. Sepintas buah ini mirip dengan nangka namun memiliki warna daging buah yang berbeda. Warna daging buah keledang lebih oranye. Tak hanya itu, rasanya juga cukup berbeda. Bila buah nangka manis, buah keledang terasa seperti manggis.

Buah kepayang


Istilah mabuk kepayang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Tapi tahukah Anda bila kepayang adalah buah yang dulunya mudah ditemui di penjuru Nusantara? Hanya saja buah ini sekarang lebih sering dimanfaatkan sebagai bahan masakan. Isi buah kepayang hampir mirip dengan alpukat.

Buah manau


Berasal dari tanaman rotan, buah manau dapat dijumpai di Pulau Bangka, Belitung, Sumatera, dan Kalimantan. Bentuk buah ini sekilas mirip dengan salak karena bersisik. Namun ukurannya lebih kecil dan berbentuk oval. Selain itu, buah ini memiliki warna coklat yang lebih muda. Buah manau sering dijadikan asinan karena rasanya yang asam manis.

Buah maritam


Satu lagi buah langka yang berasal dari Kalimantan yaitu buah maritam. Bentuk buah ini hampir mirip dengan rambutan tetapi tidak ada rambutnya. Namun kedua buah tersebut memiliki rasa yang sama yaitu manis.

Buah menteng

(Foto: Utami/Okezone)

Buah yang satu ini berasal dari Pulau Jawa dan bentuknya hampir mirip dengan duku. Dahulu buah menteng terbilang cukup mudah ditemui karena ditanam di pekarangan rumah. Namun sekarang buah yang memiliki cita rasa asam cenderung kecut ini sudah terbilang langka. Bagi Anda yang penasaran, di sekitar Jakarta dan Bogor, buah yang memiliki nama lain kemundung ini masih ada yang jual.

(dno)