oleh

Akhirnya Sri Mulyani dan Rizal Ramli Bertemu, Berdebat soal Utang?

JAKARTA – Kementerian Keuangan menggelar upacara peringatan Hari Oeang ke-72 yang berlangsung hari ini, Selasa (30/10/2018) di Lapangan Upacara Kemenkeu, Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut selain diikuti Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, serta seluruh jajaran Kemenkeu, nampak hadir juga Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli.

banner 300x250

Baca Juga: Ditunjuk Jadi Menteri Keuangan, Siswa SD: Saya Akan Utang ke Negara Lain

Keduanya bahkan sempat saling bertemu selepas upacara. Usai pertemuan mereka pun nampak saling menyapa dan bersalam-salam sambil tertawa. Hubungan Sri Mulyani dan Rizal sempat tinggi sebab Rizal menantang Menkeu untuk berdebat soal utang Indonesia.

Lalu apa yang menjadi bahan pembicaraan Sri Mulyani dan Rizal Ramli?

rizal

Sri Mulyani menyatakan, kehadiran Rizal Ramli merupakan sebagai mantan Menteri Keuangan. Oleh sebab itu, bukan hanya Rizal Ramli tapi ada juga Agus Martowardojo.

“Kami mengundang seluruh mantan Menteri Keuangan seperti biasa setiap tahun. Tidak apa-apa, hanya untuk lihat ke dalam,” katanya di Kemenkeu, Jakarta, Selasa (30/10/2018).

Baca Juga: Utang Pemerintah Capai Rp4.416 Triliun Hingga September 2018

Seperti diketahui, keduanya pada beberapa waktu lalu sempat beradu argumen terkait kondisi perekonomian hingga utang Indonesia. Rizal Ramli menjadi tokoh yang paling keras mengkritisi kebijakan Sri Mulyani, bahkan dalam beberapa kesempatan, Rizal menantang Bendahara Negara tersebut untuk debat terbuka.

Namun saat ditanyai terkait keduanya yang kini nampak akrab, Sri Mulyani pun berkilah jika selama ini tak akrab. “Memang selama ini enggak akrab?” candanya kepada wartawan.

sri mulyani

Senada, Rizal Ramli pun menyatakan, tak ada pembahasan khusus antar keduanya terkait kinerja pemerintahan. Hanya pertemuan biasa disela-sela acara Peringatan Hari Oeang ke-72.

“Tidak ada (pembahasan tentang perekonomian). Saya sama Sri Mulyani tidak ada masalah personal. Bahwa kita melihat masalah berbeda, solusinya ada yang alternatif. Itu biasa dalam dunia demokratis,” katanya dalam kesempatan yang berbeda.

Dia menyatakan, pertemuan di Kemenkeu tersebut menarik. Pasalnya Sri Mulyani, beserta para Menteri Keuangan juga jajaran Kemenkeu saling bercanda satu sama lain.

“Kami bercanda macam-macam. Soal Korea, Super Junior,” selorohnya kepada wartawan.

(kmj)