oleh

Apa Kabar Proyek Jalan Trans Papua?

JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberikan penjelasan terkait pembangunan jalan di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) seperti di Papua yang masih dalam tahap pembebasan lahan atau land clearing.

banner 300x250

Direktur jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto mengatakan, pihaknya saat ini sedang meneruskan jalan trans Jayapura-Wamena untuk jalan trans Papua. Selain perbatasan, Trans Papua Oksibil ke bawah sampai arah ke Merauke itu akan masih berjalan juga tahun ini.

“Sementara yang dari bawah ke Tanah Merah ke atas sampai tengah itu kan belum signifikan kondisi alamnya. mungkin sampai Pos Lintas Batas Negara (PLBN), Yeptikun,” ujarnya di Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (5/11/2018).

 Baca Juga: 4 Tahun Jokowi-JK, Jalan Trans Papua Sudah Tembus 3.103 Km

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memastikan target pembangunan tersebut selesai 2019. Di mana yang sekarang sudah selesaikan Trans Papua Barat.

“Trans Papua masih 193 km yang belum tembus,” ungkapnya.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan infrastruktur yang menjadi fokus pemerintah tidak hanya mengejar pertumbuhan ekonomi dan peningkatan daya saing, namun juga pemerataan hasil-hasil pembangunan dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat.

 Baca Juga: Cerita Menteri Basuki Susuri Jalan Perbatasan Merauke

Dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat, diharapkan pembangunan infrastruktur dirasakan langsung manfaat ekonomi dan sosial secara merata di seluruh Indonesia.

Menteri Basuki memberikan contoh, di samping merenovasi bangunan inti di 7 Pos Lintas Batas Negara (PLBN), Kementerian PUPR juga akan melengkapi setiap PLBN, dengan bangunan pasar yang saat ini dalam tahap konstruksi.

(dni)