oleh

Gelar Expo, Unri Hadirkan Debat Kebangsaan Nasional 12 Universitas se-Indonesia

PEKANBARU – Universitas Riau (Unri) akan menggelar Expo 2018, dengan tema Negeri Melayu Pusaka Energi untuk Indonesia, dengan judul Harmoni Untuk Negeri, yang akan dilaksanakan pada Rabu tanggal 5-8 Desember 2018.

Acara ini nantinya terbuka untuk umum, dan dilangsungkan di depan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip), tepatnya di lapangan venue panjat tebing Unri.

banner 300x250

Untuk tahun ini panitia mengusung tema yang berbeda dari tahun sebelumnya, karena jika dilihat nantinya dalam konsep kali ini lebih terfokus kepada tema Melayu. Tidak hanya itu, di Unri expo juga akan menyediakan beberapa stand dari BEM fakultas yang ada di Unri dan di setiap stand akan menonjolkan sisi Melayunya.

Menurut salah satu CO acara, Fitri Rahmayani mengatakan, bahwa pemilihan tema kali ini adalah karena nama Kabinet BEM tahun ini, yaitu harmoni perubahan. Jadi biasanya setiap expo ada mengambil nama dari kabinetnya sendiri.

“Harmoni itu nama kabinet BEM untuk tahun ini, yaitu harmoni perubahan, agar dapat menciptakan perubahan yang harmonis,” kata Fitri di Pekanbaru, Senin (3/12/2018).

Sesuai dengan tema dan konsep, Unri Expo akan menampilkan kesenian khas Melayu dari 10 kabupaten terpilih yang ada di Riau, yang akan dibawakan oleh masing masing dari BEM Fakultas. Tidak hanya itu, nantinya dalam opening acara expo para tamu yang hadir akan diiringi dengan kompang. Karena kompang merupakan salah satu alat musik ciri khas melayu.

“Jadi nanti, masing – masing BEM fakultas kita bagi menjadi 10 kabupaten yang kita ambil di Riau, nah, jadi nantinya dari sini mereka akan menampilkan khas melayu dari masing-masing kabupaten itu,” tambahnya.

Tidak hanya itu, acara ini juga diisi dengan beberapa perlombaan, seperti tari Melayu, doodle art, fashion show baju adat nusantara, solois, mading 3D, akustik, lomba masak BEM fakultas se-Unri. Serta hiburan dari karya mahasiswa dan mahasiswi Unri.

Selain itu, nantinya pada hari kamis tepatnya tanggal 6 Desember, akan datang delegasi dari 12 finalis yang berasal dari 12 Universitas se Indonesia, dalam Debat Kebangsaan Nasional dalam Unri Expo 2018, diantaranya yaitu, Universitas Sumatera Utara (USU), Institute Teknologi Bandung (ITB) Institute Pertanian Bogor (IPB), Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Universitas Brawijaya, Universitas Jambi, Universitas Hasanudin, Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Pakuan, Universitas Maritim Raja Ali Haji, dan untuk provinsi Riau sendiri termasuk Universitas Riau (Unri) dan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska)

Dan untuk acara penutupannya, adanya pembagian hadiah, inspiring student award, konser amal kemanusiaan harmoni untuk negeri peduli Palu dan Donggala, dan Sigi, menampilkan orasi dan puisi kemanusiaan, dan yang terakhir penerbangan layangan wou di lapangan Unri depan Fisip.