oleh

Ini Penyebab Suara Mendengung dari Langit yang Gegerkan Warga Jateng

SEMARANG – Suara mendengung dari langit yang menggegerkan warga di Jawa Tengah dipastikan berasal dari pesawat kargo. Putaran kencang baling-baling dan angin menimbulkan suara keras hingga membangunkan warga yang terlelap tidur.

Pakar penerbangan Alvin Lie mengaku telah mendengar informasi fenomena yang menggegerkan warga tersebut. Dia pun berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk memastikan jenis pesawat kargo yang suaranya terdengar warga mulai Cirebon hingga Semarang tersebut.

banner 300x250

“Kurang jelas apakah itu Antonov (buatan Rusia) atau pesawat buatan China. Tadi di monitor teman-teman di FR24 (Flight Radar 24) itu pesawat baling-baling terbang dari Jakarta ke Melbourne,” kata Alvin, Jumat (14/12/2018).

Anggota Partai Amanat Nasional (PAN) yang duduk sebagai anggota DPR-RI periode 1999-2004 dan 2004-2009 itu menambahkan, penyebab suara mendengung keras yang didengar warga karena pesawat tidak dilengkapi peredam. Dia pun menyebut bahwa pesawat tersebut adalah pesawat charter.

“Jenis pesawat kargo muatannya banyak, sehingga suara baling-baling itu karena teknologinya kan tidak ada peredam. Suara mendengung bukan suara mesin tapi itu suara baling-baling dengan udara. Saya tadi juga monitor di Instagram, suara mendengung itu dari baling-baling dengan angin,” beber dia.

Meski demikian, dia belum bisa memastikan pemilik pesawat dan muatan yang dibawa. “Enggak tahu itu pesawat siapa, tapi yang jelas itu pesawat charter,” tandasnya.

(Baca Juga: Suara Mendengung dari Langit Kagetkan Warga Jateng)

Sebelumnya diberitakan, warga di sejumlah daerah yakni Cirebon, Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang, hingga Kabupaten Semarang geger oleh suara menderu dari langit. Mereka mengira asal suara itu dari pesawat, namun di angkasa hanya terlihat gelap.

“Kami tidak melihat apa pun selain gelap. Pesawat capung yang kami kira sebagai asal suara mendengung itu juga tak terlihat. Mendongak ke atas enggak kelihatan ada pesawat. Biasanya malam pesawat melintas itu kan kelihatan lampunya, ini tidak ada,” ujar Budi, warga Semarang.

(kha)