oleh

11 Mahasiswa STIK-PTIK Angkatan 75 Mengabdi Untuk Masyarakat Bengkalis Selama Lima Hari

Mahasiswa/i STIK-PTIK Angkatan 75 saat berada di Kecamatan Mandau bersama Kapolres Bengkalis dan Asisten II.

BENGKALIS – Sebanyak 11 mahasiswa/i Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian dan Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK-PTIK) Angkatan 75 berkesempatan mengabdi untuk masyarakat Kabupaten Bengkalis di Provinsi Riau. Kegiatan ini berlangsung selama 5 hari dari 17-21 Desember 2018.

Kombes Pol H Anton Setiyawan SIK MMTR mengatakan kepada GoRiau.com, tujuan dari pengabdian kepada masyarakat Kabupaten Bengkalis ini penelitian tentang peredaran narkotika di wilayah Polres Bengkalis.

banner 300x250

“Adapun jumlah mahasiswa/i yang melakukan penelitian di Polres Bengkalis sebanyak 11 orang. Melakukan giat Yanmas, yakni sosialisasi narkoba di sekolah-sekolah,” kata Kombes Pol Anton.

Sementara itu Kapolres Bengkalis, AKBP Yusuf Rahmanto mengatakan, terkait narkoba Polres Bengkalis berhasil mengungkap peredaran terbesar, yakni kurang lebih 50 kilogram narkotika jenis sabu.

“Peredaran narkotika menggunakan jalur perairan, yakni Selat Malaka dan daratan peredaran narkotika lebih banyak di wilayah Mandau dan pinggir,” ujarnya.

Sedangkan situasi Kamtibmas sambungnya, bulan terakhir ini banyak ditemukan mayat di Perairan Selat Malaka dengan jumlah sebelas orang, setelah dilakukan penyelidikan, mayat tersebut merupakan TKI ilegal.

“Saat ini 2 orang tersangka telah diamankan di Mapolres Bengkalis, mereka merupakan tekong pembawa TKI tersebut,” ungkapnya.

Mewakili Bupati Bengkalis, Asisten II Heri Indra Putra SE ME menyampaikan, Pemerintah Daerah Bengkalis memiliki jalinan silahturahmi yang baik dengan Kapolisian dan TNI.

“Kami mendukung giat pengabdian masyarakat, karena akan memberikan dampak yang positif bagi masyarakat Bengkalis terutama pemberantasan peredaran narkotika diwilayah Kabupaten Bengkalis,” ujar Heri.

Masih dikatakannya, narkotika merupakan ancaman serius bagi masyarakat, terutama bagi anak sekolah maupun dewasa.

“Wilayah Bengkalis terdiri dari daratan dan perairan. Sehingga memiliki medan yang cukup sulit,” jelasnya.

Kegiatan ini dihadiri Dosen Dr M Erwan MSi, Kabag Sumda Polres Bengkalis Kompol Juli Amri, Kapolsek Mandau Kompol Ricky Ricardo SIK, Kapolsek Pinggir Kompol Ernis Sitinjak SH SIK, Kasat dan Perwira Polres Bengkalis.