oleh

Rohul dan Rohil Berstatus Siaga Darurat Banjir

PEKANBARU – Rokan Hulu dan Rokan Hilir, Riau menaikkan status menjadi siaga darurat banjir pasca hujan lebat di beberapa titik di wilayah tersebut.

“Saat ini dua kabupaten sudah menaikkan status siaga darurat banjir. Wilayah itu adalah Kabupaten Rohul dan Rohil,” ucap Kepala Seksi (Kasi) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Jim Gapur, Senin (5/11/2018).

banner 300x250

Saat ini empat kabupaten di Riau terendam banjir yaitu Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Rokan Hilir (Rohil), Kuantan Singingi (Kuansing) dan Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

Kabupaten Rohul dan Rohil sudah dilanda banjir sekitar dua pekan. Ribuan rumah sudah terkena dampak. Banjir dua wilayah disebabkan oleh meluapnya Sungai Rokan dalam beberapa hari ini.

Meluapnya Sungai Rokan dikarenakan oleh tingginya curah hujan. Sebagian warga lebih memilih mengungsi karena ada sebagian daerah yang ketinggian banjir mencapai satu meter.

Sementara Kabupaten Kuansing dan Inhu baru kemarin dilanda banjir. Ribuan rumah warga juga terdampak banjir. Fasilitas umum seperti sekolah, rumah sakit dan tempat ibadah juga terkena dampaknya.

“Untuk Kuansing hari ini mulai parah. Sementara di Inhu belum begitu parah. Kita belum dapat data pasti berapa jumlah warga yang terkena dampak banjir. Di Kuansing kita tidak ada perwakilan di sana (tidak ada BPBD), jadi kita kesulitan mengakses datanya,” imbuhnya.

Untuk daerah yang terkena dampak parah banjir, BPBD bersama Pemda setempat sudah mendirikan sejumlah tempat pengungsi. Namun sebagian warga ada yang bertahan menunggu harta benda di rumah.