oleh

Dalam Waktu 43 Hari, Bawang Merah Jenis Umbi di Siak Sudah Bisa Dipanen

SIAK – Ternyata bawang merah bisa tumbuh subuh di Kampung Buantan Besar, Kecamatan Siak. Hebatnya lagi bawang merah jenis umbi di Siak ini sudah bisa dipanen dalam waktu 43 hari ditanam.

Camat Siak, Aditya C Smara kepada GoRiau.com menyebutkan keberhasilan Gapoktan Tuah Bersama dalam budidaya bawang merah ini sudah dibuktikan dengan panen perdana di lahan seluas 2 hektar.

banner 300x250

“Bawang merah yang ditanam 43 hari bisa panen itu jenis umbi. Hasilnya juga sangat memuaskan, jadi melihat hasil panen itu kita sadar bahwa bawang merah juga bisa hidup dan tumbuh subur di tanah Siak,” kata Camat Siak, Jumat (28/12/2018). 

Melihat bagusnya hasil panen bawang merah jenis umbi itu, Gapoktan Tuah Bersama kembali mencoba budidaya bawang merah biji dengan tekhnologi True Shallot Seed atau yang biasa disebut TSS. 

Sekitar 1 hektar lahan akan dimanfaatkan untuk melakukan uji coba budidaya bawang merah biji tersebut yang penanaman pertamanya kemarin sudah dilakukan oleh Wakil Bupati Siak, Alfedri. 

“Jika melihat prospek budidaya bawang ini bagus, masyarakat Siak lainnya juga bisa membeli bibit yang sama dan menanam di pekarangan rumah masing-masing,” sebut Aditya lagi. 

Menurut Aditya, dengan keberhasilan budidaya bawang merah tersebut diharapkan akan menjadi produk hortikultura unggulan di Kabupaten Siak. 

“Saat ini kita bersyukur pusat melalui Kementerian pertanian memberikan bantuan untuk menjalankan budidaya bawang merah ini,” ujarnya.