oleh

Gempa 6,9 SR, PTWC Cabut Peringatan Tsunami di Filipina dan Indonesia

MANILA – Gempa bumi berkekuatan 6,9 Skala Richter mengguncang Filipina, Sabtu (28/12/2018) pukul 10.39 WIB. Usai beberapa waktu, Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) Cabut peringatan tsunaminya.

Sebelumnya, PTWC merilis peringatan gelombang berbahaya untuk semua pantai dalam jarak 300 kilometer dari gempa, suatu radius yang meliputi sebagian besar Indonesia dan Filipina.

banner 300x250

 Baca juga: Tak Berpotensi Tsunami, Ini Penyebab Gempa M 7,1 yang Mengguncang Sulut dan Filipina

Mengutip twitter @NWS_PTWC, Jakarta, Sabtu (29/12/2018), PTWC tidak mengamati gelombang tsunami di permukaan laut yang paling dekat dari titik gempa 7,2 SR.

“Gempa bumi di Mindanao, Filipina, jadi tidak ada lagi ancaman tsunami dari gempa bumi ini,” kutip akun twitter NWS PTWC, Jakarta, Sabtu (29/12/201).

 Baca juga: Filipina: Tsunami Mungkin Terjadi di Pantai Radius 300 Km dari Pusat Gempa

Sebelumnya, Belum ada laporan langsung tentang korban atau kerusakan akibat gempa Mindanao, yang melanda pada kedalaman 49km pada 3:39 UTC pada hari Sabtu.

Instansi pemerintah telah disarankan untuk memberi tahu penduduk di daerah pesisir tentang risiko dan untuk memberi mereka instruksi tentang prosedur evakuasi yang relevan, tergantung pada tingkat ancaman.

 Baca juga: BMKG: Gempa 7,1 SR di Talaud Tidak Berpotensi Tsunami

Pulau Geme dan Tabukan Tengah (Indonesia) serta Davao (Filipina) dapat mengalami gelombang tsunami dalam satu jam. Kota Davao, di pulau Mindanao, Filipina selatan, adalah rumah bagi lebih dari 1,6 juta orang.

(rzy)