oleh

Kisah Mantan Karyawan Ford Buka Bengkel saat FMI Umumkan Hengkang

JAKARTA – Tak terpikir sebelumnya oleh Antonius Pribadi, mantan kepala bengkel di salah satu diler Ford di Jakarta Pusat, bahwa Ford Motor Indonesia (FMI) akan hengkang dari Indonesia.

Ia memutuskan untuk melepas jabatannya itu karena ingin memulai usaha baru.

banner 300x250

Walaupun status karyawan Ford telah hilang, tapi jiwa Ford masih ada di dalam dirinya. Apalagi saat ini Antonius terdaftar sebagai anggota komunitas Ford Community Indonesia (FCI). Mantan mekanik senior Ford, Ferry, yang mengajak dirinya bergabung di FCI. Dari hasil pertemanan itu muncul ide untuk membangun bengkel khusus mobil Ford.

“Di situ (FCI) kami berteman dengan banyak orang dari berbagai latar belakang pekerjaan, budaya, dan sebagainya. Adalah Eri Pamungkas atau kami menyapanya kapten Eri dan Ferry mengajak saya join untuk buka bengkel Ford. Dari mulai pembicaraan biasa lama kelamaan menjadi serius. Kami memutuskan memulai pembangunan fisik bengkel awal tahun (2016) di bilangan Ciputat, Tangerang Selatan,” tutur Antonius kepada Okezone.

Betapa terkejutnya mereka ketika mengerahui pada 25 Januari, FMI mengeluarkan penyataan akan menghentikan segala bentuk aktivitas bisnisnya di Indonesia. Proses pembanguan bengkel saat itu sedang berjalan. Namun karena didukung oleh rekan-rekan FCI, mereka memutuskan untuk meneruskan pembangunan.

“Ya memang bikin bengkel awalnya dari niat masing-masing individu sesuai dengan passion-nya. Nah soal FMI cabut itu kami sama sekali tidak tahu. Beberapa teman-teman kami mengganggap ini moment yang pas. Tapi balik lagi kami buka bengkel pas di masa FMI menyatakan bubar. Buka bengkel pas FMI cabut,” ungkap Antonius.

Seiring berjalannya waktu, pembangunan bengkel sudah mendekati sempurna. Dijadwalkan bengkel mulai beroperasi pada Februari 2016. Namun karena suatu alasan pembukaan bengkel diundur.

“Karena masih tahap pembangunan maka di April tanggal 4 kami bisa laksanakan soft opening bengkel kami. Dengan segala keterbatasan yang ada, kami buka bengkel. Sampai saat ini masih tahap melengkapi infrastruktur. Jumlah mekanik sementara ini dua orang, tidak menutup kemungkinan akan ada penambahan jika diperlukan,” ujarnya.

Bengkel yang beralamat di Jalan Gunung Raya No 53 Ciputat, Tangerang Selatan, itu diberi nama Ford Auto Solution (FAS). Bengkel ini bisa melayanai perawatan berkala, diagnose dengan scanner, ganti oli, turun mesin, overhoul transmisi manual, dan overhoul transmisi matik. Semua mobil Ford mulai 2002 ke atas bisa dilayani di bengkel ini.

Agar konsumen merasa nyaman saat berkunjung, di depan bengkel dibuat tempat makan. Di sana, konsumen bisa santai sambil menunggu mobilnya diservis.

“Di depan bengkel kami berdiri kafe dengan konsep makanan dan minuman rumahan yang bisa menambah kenyamanan konsumen jika menunggu kendaraan sedang dalam perbaikan,” tutup Antonius.

(ton)