oleh

Aparatur Negara Diminta Netral Pada Pemilu 2019

Terlihat peserta Apel Tiga Pilar yang terdiri unsur TNI, Polri dan juga Pemerintah Kota Dumai, apel tersebut digelar dalam rangka mewujudkan Pemilu 2019 yang aman, damai serta membawa suasana sejuk.

DUMAI – Untuk mewujudkan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 aman dan damai di Kota Dumai, Kepala Kepolisian (Kapolres) Dumai minta seluruh aparatur negara tetap netral.

Pelaksanaan apel Tiga Pilar digelar di halaman Mapolres Dumai pada Senin (21/1/2019) dalam rangka meningkatkan sinergitas Polri, TNI dan Pemerintah untuk mewujudkan Pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk di kota Dumai.

banner 300x250

“Aparatur negara tetap bersikap netral dan tidak berpihak kepada gologan atau kelompok manapun selama pelaksanaan Pemilu berlangsung,” kata Kapolres Dumai, AKBP Restika P Nainggolan saat memberikan sambutan pada apel tersebut, Senin (21/1/2019).

Dikatakannya juga, aparatur negara diharapkan senantiasa menjadi sumber informasi bagi pimpinan dan membantu penyelesaian masalah yang terjadi ditengah-tengah masyarakat serta siap menjaga persatuan dan kesatuan dalam bingaki Demokrasi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Tingkatkan dan pupuk terus solidaritas sesama aparatur negara yang baik dalam keamanan masyarakat yang aman, damai dan sejuk,” katanya.

Wakil Walikota Dumai, Eko Suharjo juga menyampaikan, bahwa Pemilu 2019 merupakan salah satu perhelatan pesta demokrasi yang istimewa dikarenakan tahun ini akan digelar serentak seluruh Indonesia.

Pesta demokrasi sendiri dikatakannya, berbagai kiat dan terobosan dilakukan oleh tim pemenangan pasangan peserta pemilu, hingga saat ini situasi kota Dumai masih dalam keadaan kondusif dan tidak terlihat adanya gesekan dalam tahapan pemilu berlangsung.

“Mari kita bersama meningkatkan solidaritas dan sinergi TNI, Polri serta Pemerintah Kota Dumai yang selama ini sudah terjalin sangat baik, masyarakat hidup dengan penuh rukun dan toleransi,” kata Wakil Walikota Dumai.

Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0320 Dumai, Letkol (Inf) Horas Sitinjak juga menyebutkan, keberhasilan pemilihan kepala daerah Dumai tahun 2015 dan Pemilihan Gubernur Riau 2018 tidak terlepas dari netralitas TNI, Polri dan Pemko Dumai serta sumbangsih pengamanan yang dilaksanakan.

“Pesta Demokrasi 2019 merupakan even akbar nasional yang menjadi perhatian kita semua, Pileg dan Pilpres harus berjalan dengan lancar, aman, damai dan sukses, serta, perkembangan situasi lainnya juga tetap menjadi bagian dari kewaspadaan kita semua, kondisi regional dan global yang terkait, baik secara langsung maupun tidak,” kata Dandim 0320 Dumai.

Apel tiga pilar tesebut juga dihadiri Ketua DPRD Kota Dumai, Gusri Effendi, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), serta terdapat 12 pleton yang terdiri dari TNI, Polri serta unsur pemerintah kota Dumai.