oleh

Matangkan Persiapan Pemilu 2019, Plt Bupati Siak Ikuti Rakornas dengan Dirjen Polpum Kementrian Dalam Negeri

Plt. Bupati Siak, Alfedri saat ikuti Rakornas di Batam.

SIAK SRI INDRAPURA – Tak terasa satu bulan setengah lagi masyarakat Indonesia akan merayakan pesta demokrasi alias Pemilu, tepatnya pada 17 April 2019. Berbagai persiapan pun sudah mulai dilakukan sejak sekarang agar Pemilu serentak 2019 dapat berjalan aman dan lancar.

Salah satu pihak yang telah melakukan persiapan dalam menyukseskan Pemilu adalah Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Polpum Kemendagri). 

banner 300x250

Mereka memahami bahwa salah satu hal penting untuk kesuksesan penyelenggaraan Pemilu adalah kesiapsiagaan aparat keamanan dalam mengantisipasi berbagai potensi kerawanan.

Guna membicarakan hal tersebut, Ditjen Polpum Kemendagri menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) untuk menyiapkan penyelenggaraan Pemilu 2019 di Kota Batam, Kamis (28/2/2019) dengan seluruh Gubernur, Bupati, Walikota se Sumatera. 

Potensi kerawanan Pemilu merupakan suatu tantangan demokrasi. Oleh karena itu pemerintah dan pemerintah daerah bersama dengan aparat keamanan perlu terus bersinergi dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan dan pemantapan guna menyukseskan Pemilu serentak tahun 2019.

Sementara itu, Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, Soedarmo menambahkan tujuan lain dari penyelenggaraan rapat ini adalah menjalin sinergitas pemerintah pusat, pemerintah, dan daerah stakeholder terkait, agar tercipta iklim demokrasi yang kondusif, aman, dan damai. 

“Sama seperti apa yang diharapkan pak Menteri, kita juga ingin pemilu 2019 di Siak nanti berjalan dengan lancar dan tertib. Kita bangun sinergisitas yang kuat dan berkesinambungan antar pemangku kepentingan Pemilu, dalam upaya menciptakan pemilu demokratis dan damai,” sebut Plt Bupati Siak, Alfedri yang turut hadir dalam Rakornas di Hotel Golden View, Kota Batam, Kamis(28/2/2019).