oleh

Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan di Siak, Wagubri Edy Nasution: Pendidikan Prioritas Pemerintah

Wakil Gubernur Riau, Edy Nasution.

SIAK SRI INDRAPURA – Kegiatan Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan di Lapangan Maharatu, Kabupaten Siak, dihadiri ribuan warga yang antusias. Kegiatan ini telah menjadi rangkaian perhelatan yang dihelat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI yang bekerjasama dengan instansi terkait dalam mensosialisasikan sektor pendidikan di berbagai daerah.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan penyerahan secara simbolis Kartu Indonesia Pintar (KIP) bagi para pelajar di Kabupaten Siak, Minggu (10/3/2019).

banner 300x250

Wakil Gubernur Riau, Edy Nasution mengatakan kepada GoRiau.com memgatakan, bahwa sektor pendidikan menjadi prioritas pemerintah sebagai salah sektor yang strategis dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berdaya saing, dan unggul di masa depan. Sesuai dengan program kerja 100 hari pemerintahan Syamsuar – Edy Nasution.

“Sebab pendidikan memberdayakan individu bukan hanya untuk menjadi tenaga kerja, melainkan juga menjadi agen perubahan serta akselator pembangunan itu sendiri. Untuk itu pemerintah terus berupaya menganggarkan sektor pendidikan dengan anggaran yang cukup besar,” kata mantan Komandan Korem 031/Wirabima.

Menurut Edy Nasution, pendidikan tingkat dasar dan menengah berperan untuk melatih anak-anak agar bisa mengembangkan potensi diri untuk masa depannya. Pendidikan dasar dan menengah juga merupakan pintu pertama dalam upaya peningkatan kualitas SDM dalam jangka panjang.

“Sektor pendidikan juga mengalami perkembangan, antara lain ditandai dengan munculnya pendidikan berbasis keterampilan (skill based education) atau dikenal dengan istilah sekolah kejuruan,” ujar Edy Nasution.

Bagi Edy Nasution, pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Dan bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

“Dalam rencana pembangunan lima tahunan juga ditegaskan bahwa pendidikan adalah menjadi tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat dan pemerintah serta diusahakan agar dapat dimiliki oleh seluruh rakyat sesuai dengan kemampuan masing- masing individu. Peran dan fungsi vital pendidikan dalam memahami dan memposisikan manusia sebagai kekuatan utama sekaligus prasyarat bagi kemajuan pembangunan dalam berbagai sektor,” ungkap Edy Nasution.

Melalui kegiatan mari kita jadikan Pendidikan sebagai wujud komitmen bersama antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah/Kabupaten/Kota meningkatkan sektor pendidikan di Kabupaten Siak ini.