Pedagang CFN Pekanbaru Mengaku Dipungut Rp3 Juta Sebulan

Riau50 Dilihat
Ilustrasi

PEKANBARU – Pedagang dia area Car Free Night (CFN) di kawasan Jalan Ahmad Yani, yang mulai digelar Jumat malam ini, (15/3/2019), mengaku harus membayar Rp3 juta perbulan untuk biaya sewa lapak, dengan fasilitas tenda payung, listrik, meja dan kursi. CFN atau juga dengan nama Pekanbaru Festi Night ini digelar 2 kali dalam seminggu, yakni Jumat malam dan Sabtu malam, yang berarti pedagang membayar Rp375 ribu untuk berdagang semalam.

“Bayar 3 juta untuk sebulan, hitungan sewanya perhari Rp375 ribu, CFN digelar 2 kali seminggu jadi ada 8 CFN sebulan. Mereka bilang, biayanya sudah termasuk tenda payung, meja dan kursi dan listriknya,” jelas pedagang yang tak mau disebutkan namanya.

banner 300x250

Akan tetapi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Pekanbaru, Nurfaisal menegaskan, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru tidak memungut biaya apapun dari peserta kegiatan CFN. Nurfaisal menyebutkan, Pemko hanya memfasilitasi pelaku UMKM dan usaha kreatif agar dapat berkegiatan di lokasi CFN tersebut.

“Tidak ada pungutan, pihak kita cuma memfasilitasi dan mengatur kawasan itu agar bisa menjadi lokasi kegiatan,” ujarnya ditempat berbeda pada Jumat, (15/3/2019).

Sementara itu, Nurfaisal mengatakan memang ada pihak ketiga yang mengelola kegiatan di CFN. Selain Disbudpar, juga ada beberapa tim dari OPD lain yang mendapat SK dari Walikota untuk turut berpartisipasi terhadap digelarnya CFN tersebut.

“Ada pihak ketiga yang membiayai sendiri kegiatannya, mereka mengelola tempat ini. Ada juga tim pengendali yang mendapat SK dari Walikota,” ujarnya.