Kebakaran Lahan di Pulau Burung Seluas 30 Hektare, TNI, Polri dan Warga Buat Embung dan Sekat Kanal

Inhil, Riau118 Dilihat
TNI bersama masyarakat saat melakukan pemadaman api.

TEMBILAHAN-Meski kebakaran lahan perkebunan kelapa dan karet di Parit Tegak, Dusun Penyeruk, Desa Sungai Danai, Kecamatan Pulau Burung, Indragiri Hilir (Inhil), Riau seluas 30 hektare sudah berhasil dipadamkan, hingga saat ini TNI, Polri bersama masyarakat sekitar masih melakukan pendinginan mengingat masih adanya asap.

Danramil 11 Pulau Burung, Kapten Inf Ujang menjelaskan agar api tidak kembali menyala dan mendinginkan lokasi kebakaran, bersama masyarakat pihaknya membuat sumur atau embung untuk sumber air serta mengisolasi lahan agar api tidak meluas.

banner 300x250

Upaya lain yang yang dilakukan untuk mendapatkan sumber air dikatakan ujang adalah dengan membuat sekat kanal dan sumur kecil di lokasi kebakaran.

Meski akses lokasi yang sulit serta angin kencang dan cuaca panas ditambah tidak ada sumber air dan alat yang ada hanya dua unit mesin robin dan 5 gulung selalng serta 2 buah aplikator, namun dikatakannya anggota di lapangan tidak pernah menyerah untuk memadamkan api hingga melakukan pendinginan lokasi.

“Untuk saat ini Kondisi api sudah padam dan asap dari sisa kebakaran masih ada, apabila ditiup angin kemungkinan api akan hidup kembali karena angin bertiup cukup kencang. Sampai saat ini pemadaman masih berlangsung, dan tim security dari PT RSUP masih disiagakan di lokasi kebakaran,” jelas Kapten Ujang.(ayu)