oleh

Gubernur Riau akan Awasi Pelayanan BPJS Kesehatan Lewat Sistem Terintegrasi

Gubernur Riau, Syamsuar. (Paling kiri)

PEKANBARU – Gubernur Riau, Syamsuar menaruh perhatian serius terhadap kesehatan masyarakat, baik dari segi pemenuhan infrastruktur, fasilitas hingga soal pelayanan kesehatan itu sendiri, khususnya terkait pelayanan BPJS Kesehatan bagi masyarakat tidak mampu.

Makanya, ia menginginkan sebuah sistem terintegrasi yang dapat dimanfaatkan untuk memonitor pelayanan BPJS Kesehatan tersebut. Sehingga, jika ada keluhan dari masyarakat bisa langsung terkoneksi antara pemerintah, BPJS, dan rumah sakit pemerintah maupun swasta di Riau.

banner 300x250

“Pos pengaduan kesehatan kan sudah ada tapi belum terkonek semuanya, sehingga kami belum bisa monitor pelayanan BPJS,” kata Syamsuar ketika ditemui GoRiau.com usai mengikuti FGD tentang Peningkatan Mutu Pelayanan bagi Peserta BPJS Kesehatan di Ruang Melati Kantor Gubernur Riau, Selasa (2/4/2019).

Untuk itu, Syamsuar lantas memerintahkan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau untuk segera mengkoneksikan sistem terintegrasi tersebut dan menghubungi pihak BPJS.

“Saya minta Diskominfo untuk berkoordinasi dengan Deputi BPJS supaya call center dan sistem terintegrasi kita bisa jalan. Jadi nanti pelayanan kesehatan dapat kami monitor, baik dari rumah sakit negeri maupun swasta langsung koneksi,” terangnya.

Sehingga, ia memastikan bahwa sistem yang ia inginkan itu nantinya akan berbeda dengan sistem AYO LAPOR milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau yang sebelumnya. Melalui sistem itu juga, Syamsuar bisa ikut mengawasi pelayanan BPJS yang sering dikeluhkan oleh masyarakat tersebut.

“Saya sudah diberitahu staf kalau ada layanan pengaduan LAPOR. Tapi LAPOR ini siapa yang lihat? Paling-paling petugas yang lihat, itu bisa tanggapi dan bisa tidak. Kalau lewat layanan pengaduan BPJS ini nanti harus kita tindaklanjuti, karena ini berkaitan langsung dengan masyarakat kita yang tidak mampu,” tandasnya.