oleh

Keberhasilan KT Mitra Bersama Dalam Anakan Sapi Mendorong Percepatan Siak Sebagai Sentra Bibit Sapi Unggul

Bupati Siak, Drs H Alfedri didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Siak, Drh Susilawati menyerahkan anakan sapi dari Kelompok Tani Mitra Bersama kepada pengelola baru.

SIAK SRI INDRAPURA – Keberhasilan kelompok tani Mitra Bersama dalam anakan sapi selama 3 tahun terakhir patut dijadikan contoh bagi kelompok lain di Kabupaten Siak. Sejak mendapat bantuan 20 ekor sapi tahun 2015, kini total anakan sapi mereka mencapai 49 ekor.

Pamuji, Ketua Kelompok Tani Mitra Bersama di Desa Sabak Permai, Kecamatan Sabak Auh, Siak, Riau ini sangat berterimakasih kepada Pemkab Siak melalui Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Siak. 

banner 300x250

“Berkat usaha, upaya mantan Camat Sabak Auh, bapak Suparni serta Dinas Peternakan Siak, kami mendapat bantuan 20 ekor sapi betina tahun 2015. Sekarang total sapi kami mencapai 69 ekor, 49 ekor diantaranya anakan,” kata Pamuji, Selasa (2/4/2019) dalam acara penyerahan Redestribusi anakan sapi kepada pengelola terpilih. 

Diceritakannya secara singkat, jumlah anakan sapi yang dihasilkan dari kelompok tani Mitra Bersama ini sebenarnya masih terbilang lambat. Hal itu dikarena tidak ada Sapi Jantan yang dibagikan tahap awal. Sehingga tahun berikutnya dibeli sapi jantan. 

“Jadi ada keterlambatan selama 6 bulan sampai 1 tahun untuk peranakan sapi ini. Harusnya anakan sapi kita sudah mencapai 59 ekor jika sejak awal bantuan sapi ada sapi jantannya,” terangnya lagi di hadapan Bupati Siak, Drs H Alfedri MSi.

Redestribusi anakan sapi ini, lanjut Pamuji, merupakan kedua kalinya. Gelombang pertama diserahkan sebanyak 8 ekor sapi dan tahun 2019 sebanyak 6 ekor sapi kepada pengelola baru. 

“Antusias masyarakat untuk pengelolaan sapi ini sangat tinggi. Jadi yang mendaftar itu ada sekitar 18 orang, yang kita nyatakan lulus itu hanya 6 orang saja untuk 6 ekor sapi,” sebutnya lagi. 

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Siak, Drh Susilawati pada kesempatan yang sama menambahkan bantuan sapi untuk Kelompok Tani Mitra Bersama ini dulunya diserahkan oleh Bapak Alfedri yang kala itu menjabat sebagai Wakil Bupati Siak.

“Penyerahannya dulu bertepatan dengan Jambore Pramuka, dan bapak Bupati juga yang menyerahkannya kepada kelompok tani Mitra Bersama. Untuk Sabak Auh ini, memang animo masyarakat dalam peternakan dan perikanan juga sangat tinggi,” kata Susi. 

Redistribusi sapi diserahkan langsung oleh Bupati Siak Alfedri pada akhir acara. Orang nomor 1 di Kabupaten Siak ini memuji keberhasilan kelompok tani Mitra Bersama dakam mengembangkan sapi anakan sejak tahun 2015. 

“Keberhasilan ini tentu karena sistem pengelolaan secara teknis dan manajemennya sangat bagus. Sejak saya menjabat pengurus Baznas dulu juga sudah ada bantuan sapi ini, tapi jarang yang berkembang seperti ini,” sebut Bupati.

Bupati Siak juga mengingatkan Dinas Peternakan Siak menyampaikan keberhasilan Kelompok Tani Mitra Bersama kepada kelompok-kelompok lainnya di Siak. Dengan banyaknya nanti kelompok tani yang berhasil dalam anakan sapi, makan Siak menuju Centra Anakan Sapi akan segera terwujud. 

“Ini komitmen dan leadership yang baik antar sesama pengurus, kelompok dan anggota, makanya hasilnya sangat maksimal. Jika dihitung-hitung rupiahnya ini sudah angka yang sangat banyak sekali. Kita berharap ini bisa menjadi contoh bagi kelompok lain,” sebut Alfedri lagi.