oleh

Tidak Perlu Jauh-jauh Lagi, Rumah Sakit Awal Bros Panam Sekarang Punya Stroke Center dan Klinik Tumbuh Kembang Anak

Salah satu ruangan Stroke Center di Rumah Sakit Awal Bros Panam, Pekanbaru.

PEKANBARU – Rumah Sakit Awal Bros Panam di Pekanbaru, Provinsi Riau, menghadirkan layanan kesehatan terbaru untuk melayani secara khusus pasien stroke dan anak berkebutuhan khusus, yaitu Stroke Center dan Klinik Tumbuh Kembang Anak.

Grand opening layanan terbaru Rumah Sakit Awal Bros Panam itu sendiri, telah dilaksanakan pada Jumat (5/4/2019) siang.

banner 300x250

Direktur Rumah Sakit Awal Bros Panam, dr Mutiara Arcan MARS mengatakan, bahwa RS Awal Bros selalu berkomitmen untuk mengembangkan kualitas dan jenis layanan yang ada di rumah sakit tersebut. Di mana, pengembangan kualitas rumah sakit selalu ditandai dengan adanya akreditasi sebagai bukti bahwa kualitas pelayanan di Rumah Sakit Awal Bros Panam tetap terjaga dengan baik.

Sedangkan, pengembangan jenis layanan dilakukan dengan dimunculkannya layanan terbaru untuk kemudahan dan memaksimalkan pelayanan rumah sakit kepada para pasien.

“Kita lihat kalau penyakit itu banyak macamnya, ada yang bisa kita cegah tapi ada juga yang harus mendapat berhatian khusus. Melihat itu, rumah sakit Awal Bros Panam menjawab, tahun ini, kami membuat stroke center dan klinik tumbuh kembang anak,” kata dr Mutiara Arcan MARS kepada GoRiau.com di Pekanbaru, Jumat siang.

Mengapa memilih mengembangkan Stroke Center dan Klinik Tumbuh Kembang Anak, kata dr Mutiara Arcan, alasannya karena anak-anak dan lansia merupakan populasi khusus yang membutuhkan penanganan khusus pula.

Maka dengan hadirnya Stroke Center dan Klinik Tumbuh Kembang Anak tersebut, pasien akan dilayani di tempat khusus oleh tenaga medis khusus yang ahli di bidangnya.

“Jadi mereka (pasien stroke dan anak berkebutuhan khusus, red) nanti nggak bercampur lagi dengan pasien lainnya. Penanganannya juga kita siapkan pelayanan dengan multi disiplin ilmu,” tuturnya.

Lebih lanjut, dr Mutiara membeberkan, bahwa Stroke Center adalah lanjutan Iayanan sebelumnya. Yang mana, tahun 2018 lalu, sudah disediakan juga Iayanan untuk pasien stroke yaitu rtPA (recombinant tissue plasminogen activator). lni gunanya untuk pasien stroke serangan awal untuk mengantisipasi kelumpuhan.

“Pasien stroke akan berada di ruang khusus dengan SDM dan peralatan yang khusus. Inilah manfaat dari munculnya layanan stroke center atau ruang rawat inap khusus pasien stroke,” ulangnya lagi.

Kemudian, soal Klinik Tumbuh Kembang Anak di Pekanbaru, menurutnya hanya ada di dua rumah sakit. Sehingga pasien anak berkebutuhan khusus ini, kebanyakan harus mengantri panjang dulu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Dengan demikian, kami berharap hadirnya klinik tumbuh kembang anak di Rumah Sakit Awal Bros Panam dapat memudahkan pasien. Jadi tidak perlu mengantri lama-lama lagi,” tutupnya.

Adapun peresmian dua Iayanan baru di RS Awal Bros Panam ini ditandai dengan pemotongan tumpeng dan pita kedua ruangan oleh Lurah Sialang Munggu, Indragama yang mewakili Camat Tampan.