oleh

Hilal Tak Terlihat, Arab Saudi Putuskan Awal Ramadan Senin 6 Mei

PARA ulama dan warga Arab Saudi tidak berhasil melihat hilal awal Ramadan saat melaksanakan rukyat pada Sabtu 4 Mei petang, sehingga memutuskan untuk menggenapkan bulan Sya’ban. Dengan demikian, awal Ramadan 1440 H jatuh pada Senin 6 Mei 2019.

Mengutip Arabnews, Minggu (5/5/2019) pelaksanaan rukyat sebelumnya didahului dengan metode hisab untuk menentukan waktu yang tepat melakukan pemantauan hilal. Konsekuensi dari penerapan metode ini menyebabkan awal Ramadan diberbagai negara berbeda-beda.

banner 300x250

Aljazeera berdasarkan informai dari kantor berita SPA melaporkan pemerintah Arab Saudi telah meminta seluruh umat muslim untuk memantau hilal, baik menggunakan mata telanjang maupun atau alat dan segera melapor ke otoritas setempat apabila melihat hilal. Namun, tidak ada laporan yang masuk, sehingga diputuskan awal Ramadan 1440 H jatuh pada Senin 6 Mei 2019.

Sebagaimana Arab Saudi, Qatar, Indonesia, Lebanon, Suriah, Mesir, Maroko, Uni Emirat Arab, Bahrain dan beberapa negara lainnya kemungkinan besar juga mulai melaksanakan puasa Ramadan 1440 H pada Senin 6 Mei.

Menteri Agama Arab Saudi Sheikh Abdullatif Al-Asheikh menjelaskan lebih dari 4.000 ulama diterjunkan selama Ramadan dan 1.100 imam ditugaskan memimpin Salat Tarawih di seluruh penjuru negeri. Dia menambahkan, lebih dari 2.400 masjid telah direnovasi dan 221 masjid telah dibuka sebelum Ramadan.

Al-Asheikh juga meyatakan 100 ulama laki-laki dan 50 ulama perempuan telah ditugaskan ke Mekkah dan Madinah untuk melayani para jamaah umrah saat Ramadan. Sebanyak 70 imam juga telah ditunjuk untuk memimpin salat di masjid-masjid di 35 negara yang telah mengajukan permintaan sebelumnya.

(ful)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI
Sumber : okezone.com