oleh

Antisipasi Terjadinya Gejolak, Disdik Siak Terapkan Sistem Zonasi pada PPDB

SIAK SRI INDRAPURA – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak kembali menerapkan sistem zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2019 – 2020 ini.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak, Lukman mengatakan sekolah yang sangat rawan membludaknya calon siswa baru itu biasanya di SMP dan SMA Kecamatan Tualang. 

banner 300x250

“Makanya sistem zonasi yang kita terapkan ini akan sangat membantu agar tidak terjadi kisruh saat PPDB berlangsung khususnya untuk sekolah favorit di beberapa Kecamatan,” kata Lukman kepada GoRiau.com, Selasa (25/6/2019).

Lukman menyebutkan Perawang atau Tualang tetap menjadi perhatian agar tidak menimbulkan gejolak di masyarakat. 

“Prinsipnya, kita tetap memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk bisa memilih sekokah yang diinginkannya sepanjang dapat memenuhi syarat yang diminta pihak sekolah,” katanya lagi. 

Selain zonasi, ada juga jalur prestasi yang akan menjadi pertimbangan bagi pihak selolah untuk menerima siswa barunya. Namun berapa persentase zonasi, prestasi dan umum, Kadisdik Siak belum memberikan keterangan resmi. 

Berapa banyak siswa yang lulus SD dan SMP tahun ajaran 2018-2019 serta apakah sekolah SMP dan SMA di Kabupaten Siak siap menampung siswa yang lulus ini, juga belum ada jawaban Kadisdik Kabupaten Siak.