oleh

Gubernur Riau Harapkan Masjid Laksamana Cheng Ho di Bagansiapiapi Rohil Jadi Ikon dan Wisata Religi

ROKANHILIR – Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi meletakkan batu pertama pembangunan Masjid Laksamana Muhammad Cheng Ho di Bagansiapaiapi, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau, Rabi (19/6/2019). Dengan adanya pembangunan masjid ini, Syamsuar berharap menjadi ikon Riau dan wisata religi.

Dengan adanya hafiz quran di dalam masjid ini bisa berkolaborasi dengan pondok tahfiz, dikatakan Syamauar. Apalagi dalam masjid ini ada kajian Islam. Hal ini pun harus dijaga bersama-sama untuk mensukseskan pembangunan masjid ini.

banner 300x250

“Kita berharap masyarakat yang ada di Bagansiapiapi ini kompak. Dengan adanya masjid ini mari bersama-sama menjaga aset yang sudah ada dan dikembangkan lagi,” kata Syamsuar.

Pengurus Yayasan Fastabiqul Khairat yang mengelola Masjid Laksama Cheng Ho, Surya Arfan mengatakan, rencana pembangunan Masjid Muhammad Cheng Ho berawal dari sebuah rencana dengan Dewan Masjid Indonesia.

“Pembangunan masjid ini tidak menggunakan APBD, melainkam melalui donatur yang memberikan dukungan dana pembangunan maajid ini,” ujar Surya yang juga menjabat sebagai Sekdakab Rohil.

Masjid ini dibangun di atas tanah hibah milik Pemkab Rohil seluas 2 hektar, dikatakan Surya. Bangunan masjid ini nantinya ada du alantai dengan seribu kubah. Ornamen masjid ibi perpaduan anara budaya melayu dengan tionghua.

“Pembangunan masjid ini membutuhkan dana sebesar Rp10 miliar. Nantinya dalam masjid ini dilengkapi dengan miniatur kapal Laksamana Cheng Ho,” ungkap Surya.

Sementara itu Bupati Rohil, Suyatno mengatakan, pembangunan masjid ini adalah bentuk keragaman dan toleransi.

“Meskipun kita berbeda, namun tetap satu dalam bernegara dan bersatu dalam kemajuan. Mari kita membangun kampung dengan keberagaman yang ada,” katanya.