oleh

Ziarah ke Makam Datuk Lobai Muah, Jefri Buchori Siap Salurkan Aspirasi Warga ke DPRD Rohil

BAGANSIAPIAPI – Anggota DPRD Rokan Hilir, Riau, Jefri Buchori SPdi dari Fraksi Partai Hanura, Ahad (12/4/2020) menyempatkan diri berziarah ke makam Datuk Lobai Muah guna melihat pembangunan madrasah Suluk Tariqat Naqsabandiah dan tempat zikir jemaah di Teluk Bano I Kecamatan Bangko Pusako.

“Datuk Lobai Muah semasa hidupnya adalah tokoh dan ulama yang disegani dan dapat qoramah, makanya sejak dulu sering diziarahi penziarah baik dari Rohil dan luar Rohil,” ujar Jefri Buchori.

banner 300x250

Pada kesempatan itu, anggota Fraksi Partai Hanura di DPRD Rohil ini juga menerina dan menampung harapan warga setempat. “Insyaallah kita perjuangkan, saya akan sampaikan semoga Pemkab dapat melanjutkan pembangunan ini,” ucap Jefri.

Dikatakan, jika pembangunan ini selesai, bisa dimanfaatkan jamaah dan masyarakat untuk sarana ibadah dan zikir membina bathiniah yang bersuluq di madrasah rumah suluq ini. “Selain sebagai tempat zikir bathiniah, lokasi ini juga bisa jadi wisata relegie karena itu perlu ditata dan dirawat dengan baik,” jelas tokoh muda yang berlatar belakang pendidik dan penceramah di Rohil ini.

Sementara itu, Hendri Saleh, tokoh dan pemuka masyarakat Teluk Bano Kecamatan Bangko Pusako menyampaikan harapan warga setempat agar pemerintah ikut memperhatikan kelanjutan pembangunan rumah suluk tersebut. “Melalui Pak Jefri Buchori, kami titipkan harapan agar dapat menyampaikan dan memperjuangkan baik di DPRD Rohil maupun di Pemkab,” ucap Hendri Saleh.

Menurut catatan sejarah, semasa hidupnya, Datuk Lobai Muah merupakan alim panutan tempat orang bertanya soal agama dan kepribadianya dicontoh masyarakat. “Datuk Lobai itu jika memancing, menjala di Sungai Rokan, pulangnya membawa ikan dan udang dan jika bertemu warga di jalan, ikan atau udang hasil tangkapannya dibagi-bagikan, terkadang untuk dirinya hanya kebagian kepalaikan saja,” ucap warga.

Dan hingga saat ini, warga sering melepaskan nazar (niat) dan kerap menziarahi makam Datuk Lobai Muah sekaligus bersuluq dan berzikir bathiniah di tempat dulu almarhum mensiarkan Islam di Abad ke-18 menjelang Abad ke-19.