oleh

Jelang Idul Fitri 1441 H, Gubernur Riau Imbau Warga Bijak Berbelanja

PEKANBARU – Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) belum diketahui akan berakhir kapan. Jelang Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah, Gubernur Riau, Syamsar mengimbau kepada warga Riau untuk bijak dalam berbelanja. Salah satunya tidak berlebihan membeli kebutuhan bahan pangan pokok.

“Warga bisa belanja kebutuhan bahan pokok secara online dan mematuhi protokol penanganan pandemi Covid-19 jika memang harus berbelanja ke pasar. Lakukan berbagai antisipasi agar kita tidak menjadi pembawa penyebaran Covid-19,” kata Syamsuar kepada GoRiau.com, Senin (18/5/2020).

banner 300x250

Syamsuar mengatakan, bahwa ketersediaan bahan pangan pokok di Riau pada jumlah yang cukup memadai di pasar-pasar hingga Juni 2020. Bahkan beberapa komoditas, seperti beras, bawang merah, bawang putih, daging sapi dan daging ayam diperkirakan tetap tersedia hingga akhir bulan Juli 2020.

“Sementara itu ketersediaan komoditas lainnya, seperti cabai, telur ayam dan gula pasir akan terus dipantau ketersediaannya dan akan dipasok dari provinsi lain secara berkala,” ungkap Syamsuar di Gedung Daerah.

Dikatakan Syamsuar, bahwa tanggal 22 April 2020 telah ada kesepakatan antara kepala daerah se Sumatera untuk menjamin kecukupan pasokan bahan pangan pokok dimasing-masing provinsi.

“Kita akan meningkatkan kerjasama perdagangan antar provinsi dengan mengoptimalkan peran dan fungsi BUMD yang bergerak di bidang pangan. Sehingga nantinya kebutuhan bahan pangan pokok dapat diperoleh dengan mudah oleh warga di Riau,” jelas Syamsuar.