oleh

Di Tengah Pandemi Covid-19, Stay at Home Bukan Alasan Untuk Membuang Sampah Sembarangan

SELATPANJANG – Stay at Home atau di rumah saja bukan alasan untuk membuang sampah sembarangan, sampah tetap harus dibuang pada tempat yang telah ditentukan agar tidak menimbulkan pencemaran lingkungan.

Masih ada sebagian masyarakat yang beranggapan bahwa setelah pemerintah menganjurkan untuk mengurangi aktifitas di rumah selama pandemi virus Corona atau Covid-19 membuat mereka malas untuk mengantarkan sampah ke tempat pembuangan yang telah ditentukan tersebut.

banner 300x250

“Padahal sudah sering kita ingatkan bahkan diberi sanksi bagi warga yang membuang sampah sembarangan atau tidak pada tempatnya, karena tempat pembuangan sudah diarahkan ke TPS Jalan Rumbia,” ujar Camat Tebingtinggi, Rayan Pribadi SH beberapa waktu lalu.

Dijelaskan Rayan, kesadaran dari sendiri itu lebih penting karena disaat wabah virus yang melanda saat ini ditambah lagi kebiasaan masyarakat membuang sampah sembarangan tentu akan makin menyulitkan keadaan.

“Kita ingin memutuskan mata rantai penyebaran virusnya sedangkan sampah dibuang sembarangan tentu tidak efektif pencegahannya karena sampah juga bisa jadi sumber penyakit jika dibuang sembarangan,” jelasnya.

Untuk itu, Rayan kembali mengingatkan seraya meminta kepada seluruh masyarakat untuk dapat memperhatikan agar kota sagu terhindar dari wabah penyakit dan terjaga kebersihannya.

“Jadi mohon kerjasamanya agar kita bisa terhindar dari penyebaran virus Corona dan lingkungan kita tetap dalam kondisi bersih, tentunya ini tidak terlepas dari kerjasama kita semua,” ungkapnya.

Sebelumnya, terkait pembuangan sampah sembarangan, Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Said Hasyim telah menegaskan agar masyarakat tidak melakukan hal demikian.

“Buanglah sampah pada tempatnya, karena kita ingin Meranti khususnya di kota Selatpanjang dikenal dengan kota yang bersih bukan kota sampah,” ujar wabup.

Kemudian, tambah wabup, dengan Selatpanjang dikenal sebagai kota yamg bersih tentu para wisatawan maupun pengunjung yang datang bisa merasa nyaman.

“Kalau Selatpanjang ini bersih tentu orang yang berkunjung akan merasa senang, karena bersih itu pangkal sehat. Jadi, tolong jaga kebersihan demi kenyamanan bersama,” pungkasnya.