oleh

Selama Pandemi Covid-19, Rumah Sakit IJN Malaysia Cabang Pekanbaru Gelar Aksi Berbagi dan Bantu Warga Terdampak

PEKANBARU – Selama pandemi Corona (Covid-19), Kantor Perwakilan Institut Jantung Negara, Malaysia (IJN) Cabang Pekanbaru turut menggelar aksi sosial untuk membantu pihak-pihak yang terdampak Covid-19 di Provinsi Riau. Diantaranya seperti menyalurkan bantuan alat pelindung diri (APD) dan sembako.

Manager Wilayah Riau and Medical Tourism IJN, Yusnan Ozora mengatakan, bahwa selama wabah, program kerja IJN di Pekanbaru selama setahun 2020 juga terganggu. Pada dasarnya, kata Yusnan, IJN memiliki banyak kegiatan di Pekanbaru baik bersama pihak Konsulat Malaysia, Travel, Tourism, atau sektor pariwisata lainnya. Artinya akan membawa orang dari luar negeri (Malaysia) masuk ke Pekanbaru baik berbisnis maupun berwisata dan ini sedang dalam pengembangan. Akan tetapi dikarenakan adanya wabah Covid-19 kegiatan yang sudah direncanakan tidak dapat terlaksana dengan maksimal.

banner 300x250

“Maka kegiatan yang sudah direncanakan, kami ganti dengan aktifitas sosial seperti APD sebanyak 100 paket kepada garda terdepan dokter dan perawat melalui RSUD Arifin Ahmad maupun Dinas Kesehatan Provinsi Riau,” kata Yusnan di kantornya, Selasa (19/5/2020).

Selain itu lanjut dia, di bulan Ramadhan ini IJN juga memberikan dan dan bantuan sembako ke beberapa panti asuhan yang ada di kota Pekanbaru.

“Ini bentuk kepedulian kami kepada warga dan melihat mana yang lebih membutuhkan khususnya kepada Panti Asuhan yang mandiri dan memang membutuhkan bahan sembako tersebut.

Dikatakan dia, sejauh ini perwakilan IJN di Pekanbaru sudah berjalan sekitar 2 tahun, tepatnya di Jl. Teratai Nomor 202 A, Sukajadi, Pekanbaru.

Sebagai tempat pasien yang ingin konsultasi sebelum berangkat ke Rumah Sakit IJN, dan konsultasi disini semuanya gratis atau tanpa dipungut biaya. Adapun kegiatan yang sudah kami lakukan di Pekanbaru saling bersinergi dengan pihak swasta, mendukung kegiatan pariwisata yakni tourisim bersama Travel di Pekabaru yang didukung oleh Konsulat Malaysia yang ada di Pekanbaru.

Selain itu program di tahun 2020 ini bersinergi dengan warga Tionghoa Pekanbaru seperti turut mendukung kegiatan Imlek Bersama, menghadirkan dokter IJN untuk bincang sehat bersama pihak Asuransi dan masyarakat umum.

“Seminar ini kami lakukan dalam rangka memberikan edukasi agar yang hadir saat seminar dapat mengetahui cara mencegah lebih awal terkait penyebab penyakit jantung dini,” katanya.

Di Pekanbaru IJN juga memiliki beberapa dokter Jantung yang sebelumnya pernah menjalankan pendidikannya (Tamatan) di IJN dan menjadi dokter jantung di Pekanbaru, Seperti Dokter jantung anak di Eka Hospital dan dokter Jantung orang dewasa di RSUD Pekanbaru.

Beberapa bulan lalu, Chief Clinical Officer, dr Hasri Samion didampingi Akim Afandi dan Hizami sebagai management IJN melakukan kunjungan ke Eka Hospital dan disambut baik dari pihak Managemen Eka Hospital dan dokter Sherly yang juga sebagai dokter jantung anak di Eka Hospital yang tamatan dari IJN menyambut dengan baik karena Dr Hasri Samion salah satu dosen dr Sherly juga saat di IJN.