oleh

Koordinator Pusat BEM Nusantara: PSBB di Riau Berhasil Tekan Penyebaran Covid-19

PEKANBARU – Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dilakukan Provinsi Riau untuk 6 daerah, yaitu Pekanbaru, Siak, Bengkalis, Kampar, Pelalawan, dan Dumai dinilai Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara berhasil menekan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Hal itu diungkapkan Koordinator Pusat BEM Nusantara, Hengky Primana kepada GoRiau.com, Kamis (4/7/2020). Riau mejadi salah satu provinsi yang terpapar Covid-19. Beberapa kota dan kabupaten yang berada di Riau juga sudah memberlakukan PSBB untuk menekan penyebaran Covid-19. Riau pun berhasil menekan lajunya perkembangan dan penyebaran Covid-19, terbukti tidak adanya kasus positif selama seminggu belakangan ini.

“Keberhasilan ini tidak terlepas dari peran tim medis selaku garda terdepan dalam menangani Covid-19. Tim medis bahjan rela tidak bisa pulang untuk bertemu dengan keluarga hanya untuk menyembuhkan pasien yang terpapar Covid-19. Apresiasi lainnya kita berikan untuk Polda Riau, yang mampu menjaga ketertiban dalam pelaksanaan PSBB selama beberapa minggu yang lalu. Saya rasa tanpa ada kerjasama semua instansi, keberhasilan ini mustahil tercapai,” ungkapnya.

Hengky juga mengajak masyarakat untuk mendukung kebijakan Pemprov Riau untuk memutus rantai Covid-19 ini. Terutama para mahasiswa sebagai kontrol pergerakan pemerintah dalam menangani kasus ini, jangan sampai mahasiswa menjadikan keadaan ini sebagai alasan untuk tidak bergerak.

“Saatnya mahasiswa membuktikan bahwa mereka adalah penghubung antara pemerintah dengan masyarakat,” ujar Hengky, seraya mengatakan, bahwa keberhasilan dari pencapaian ini juga ditanggapi aktifis-aktifis mahasiswa yang merasa langkah Pemerintahan Provinsi Riau dalam penangan kasus Covid-19 sudah benar,” jelas Syamsuar.