oleh

Sunah Dibaca Malam Jumat, Surah Al Kahfi Bisa Bantu Manusia Hadapi Dajjal

MALAM Jumat disunnahkan membaca Surah Al Kahfi. Ini salah satu tuntutan Nabi Muhammad SAW yang tentu saja memiliki banyak keutamaan saat diamalkan. Jadi, Kamis (11/6/2020) malam atau selepas matahari terbenam nanti, silakan membaca surah ke 18 dalam Alquran ini.

Alangkah baiknya jangan sekadar dibaca, tapi juga dihafal. Menghafal 10 ayat pertama dari Surah Al Kahfi dijamin akan terlindung dari fitnah Dajjal pada Hari Kiamat.

banner 300x250

Dalilnya adalah dari Abu Darda’ Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

“Siapa yang menghafal 10 ayat pertama Surat Al Kahfi maka dia akan dilindungi dari fitnah Dajjal.” (HR Muslim 1919, Abu Daud 4325, dan yang lainnya).

Baca juga: Sholawat Penghapus Dosa 80 Tahun, Ini Cara Mengamalkannya

Dalam riwayat lain disebutkan, 10 ayat dari akhir Surah Al Kahfi.

Imam Syafi’i berkata: “Dan telah sampai kepadaku riwayat yang mengatakan bahwa barang siapa yang membaca surat al-Kahf maka ia dilindungi dari fitnahnya Dajjal” (Muhammad Idris asy-Syafi’i, al-Umm, Bairut-Dar al-Ma’rifah, 1393 H, juz, 1, h. 207).

Keutamaan membaca Surah Al Kahfi malam Jumat juga tertera dalam hadist dari Abu Said al-Khudri Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

“Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Kakbah.” (HR Ad-Darimi 3470 dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 6471)

Dalam riwayat lain, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

“Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat.” (HR Hakim 6169, Baihaqi 635, dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’ 6470).

(sal)

Sumber : okezone.com