Bersama Puskesmas, Mahasiswa Unri Lakukan Penyemprotan Disinfektan ke Fasilitas Umum

Pekanbaru, Riau42 Dilihat

PEKANBARU – Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan salah satu tujuan yang harus dicapai dan dilakukan oleh setiap perguruan tinggi di Indonesia. Perguruan Tinggi selayaknya melahirkan para pemuda atau orang-orang terpelajar yang memiliki semangat tinggi, pemikiran yang kreatif, mandiri, inovatif agar dapat membangun bangsa di berbagai sektor sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

Pengabdian kepada masyarakat adalah salah satu poin yang terdapat dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan salah satu bukti nyata peran mahasiswa sebagai agent of changes untuk bangsa Indonesia. Salah satu kegiatan yang termasuk dalam bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat adalah Kuliah Kerja Nyata ataupun kegiatan kerelawanan.

banner 300x250

Di masa pandemi Covid-19 ini, Universitas Riau memfasilitasi mahasiswanya yg menjadi relawan di suatu organisasi ataupun desa dengan cara memberikan penilaian terhadap pengabdian apa yang telah dilakukannya terhadap Masyarakat. Salah satunya adalah TIM Kukerta Relawan Desa Lawan Covid-19 Kelurahan Kampung Besar Seberang, Kecamatan Rengat Indragiri Hulu.. TIM Kukerta Relawan Desa lawan COVID-19 Kelurahan Kampung Besar Seberang terdiri dari 5 orang yaitu Dandi Novandri (Teknik Kimia), Feny Agustin (Teknik Lingkungan), Ana Wahyuni (Pendidikan Biologi), Fauzia Hayati (Agribisnis), Novrida Wulandari (Administrasi Publik).

TIM Kukerta Relawan Desa lawan Covid-19 Kelurahan Kampung Besar Seberang bersama Puskesmas Kampung Besar Kota Rengat melakukan penyemprotan desinfektan ke sejumlah fasilitas umum yang ada di Kelurahan Kampung Besar Seberang seperti kantor lurah, sekolah, masjid dan mushallah.

Penyemprotan Desinfektan ditujukan untuk membersihkan permukaan benda yang rentan terkontaminasi bakteri, virus dan jamur seperti lantai, dinding, permukaan meja, gagang pintu, saklar listrik dan lain-lain. Penyemprotan ini dilakukan pada hari Sabtu, Minggu, dan Rabu (20, 21, dan 24 Juni 2020).

Dandi Novandri selaku ketua TIM Kukerta Relawan menjelaskan bahwa penyemprotan desinfektan ini merupakan salah satu langkah pencegahan terhadap COVID-19 di Kelurahan Kampung Besar Seberang, Kecamatan Rengat, Indragiri Hulu.

Warga sangat mengapresiasi kegiatan yang telah dilakukan TIM Kukerta Universitas Riau dan Puskesmas Kampung Besar Kota. “Kami sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih. Semoga kedepannya warga dan jamaah selalu terlindungi,” ujar Pak Risky, salah seorang warga sekaligus pengurus Masjid Nurul Islam Kelurahan Kampung Besar Seberang.

Semoga dengan penyemprotan ini semua kegiatan yang dilakukan di Kantor Lurah, Sekolah, Masjid dan mushallah dapat terus berlangsung dengan baik, aman dan tentunya terlindungi dari bakteri virus penyebab penyakit. (rls)