oleh

Perjuangkan Pembangunan SPAM Durolis, Syahrul Aidi: Saya Konsisten Membangun Riau, Bukan Hanya Dapil Saya

PEKANBARU – Kementerian PUPR menargetkan 10 juta rumah di Dumai Rokan Hilir dan Bengkalis (Durolis) akan teraliri air bersih pada tahun 2024.

banner 300x250

Hal tersebut disampaikan Direktur Air Bersih, Kementrian PUPR Yudha Mediawan dalam kegiatan perjanjian kontrak antara pembangunan Sistem Pengadaan Air Minum (SPAM) Durolis (Dumai Rohil Bengkalis) di Kediaman Gubernur Riau, Jumat (16/10/2020). 

Durolis ini, katanya, akan mengalirkan air bersih sebesar 400 liter per detik atau mengalirkan 40.000 rumah dan 200.000 jiwa.

“Saat ini pertumbuhan penduduk semakin tinggi maka kebutuhan air minum semakin tinggi. Salah satu SPAM regional. Yaitu Durolis akan mewujudkan sambungan 10 juta rumah dengan target hingga 2024,” kata Yudha.

Kepala Balai Permukiman dan Pengembangan Wilayah (BPPW) Riau, Ichwanul Ihsan, menjelaskan proyek SPAM Durolis ini telah dirancang 3 tahun yang lalu, namun baru saat ini terealisasi. 

Skala prioritas Kementerian PUPR, lanjutnya, adalah penyediaan air bersih dan sanitasi. Makanya, BPPW tengah menggesa pembangunan 2 proyek sanitasi dan ada beberapa BPPW menunggu teknis dari dinas terkait dari pemerintah daerah.

“Selain itu (Durolis), kita juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Syahrul Aidi yang juga telah berhasil memperjuangkan 4 paket proyek air bersih di Riau,” ujar Ichwanul Ihsan.

Menanggapi hal itu, Anggota DPR RI, Syahrul Aidi menyampaikan, bahwa dia selaku anggota Komisi V akan terus konsisten memperjuangkan pembangunan infrastruktur di Provinsi Riau, dan bukan saja di Dapilnya. 

Sebagai informasi, Syahrul Aidi adalah Mantan Anggota DPRD Kampar, sekarang menjabat sebagai Anggota DPR RI Dapil Riau 2 (Kampar, Pelalawan, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir

“Terkait dengan pengadaan air bersih di Rohil, Dumai Bengkalis atau SPAM Durolis ini, saya mendukung penuh upaya penyediaan air bersih ini. Karena air bersih adalah kebutuhan dasar kita sebagai masyarakat,” tutur Politisi PKS ini.

Atas perhatian dari Pemerintah Pusat dan DPR RI ini,G Gubernur Riau, Syamsuar mengaku sangat bersyukur SPAM Durolis ini akan dibangun, karena saat ini di 3 kabupaten/kota tersebut sangat membutuhkan air bersih. 

Terkait peran Syahrul Aidi, Syamsuar sangat berharap Syahrul Aidi terus konsisten membantu Pemprov Riau untuk memperjuangkan kue pembangunan infrastruktur untuk Riau. 

Dia mencontohkan seperti 3 pulau terluar Indonesia di Provinsi Riau yang salah satunya adalah Pulau Rupat membutuhkan perhatian pemerintah pusat.

“Saat ini Wisata Rupat bukan saja dilirik orang Riau, bahkan dari Sumbar. Maka itu membutuhkan dukungan infrastruktur” kata Syamsuar.

Adapun kegiatan ini diikuti oleh Dirjen Cipta Karya yang diwakili oleh Direktur Air Minum Kementrian PUPR, Syahrul Aidi selaku anggota Komisi V DPR RI, Bupati Rohil, Bupati Bengkalis, Walikota, pihak PT Waskita Karya, pihak PT Yodya Karya, dan unsur aparatur daerah lainnya.