oleh

Ferguson Senang Rekornya Dipecahkan Wenger

GLASGOW – Mantan pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson, mengaku senang bisa melihat rekornya bisa terpecahkan oleh manajer Arsenal, Arsene Wenger. Wenger mencatatkna rekor dengan 811 penampilannya di Liga Inggris sebagai pelatih Arsenal.

Ferguson sendiri hanya tampil memimpin skuad Setan Merah –julukan Man United– sebanyak 810. Pria berkebangsaan Skotlandia itu mencatatkan sejumlah penampilan tersebut sejak menangani Man United pada 1986 hingga 2013.

banner 300x250

(Baca juga: Cech Kecewa dengan Penalti yang Diberikan untuk West Brom)

Bahkan pencapaian rekor tersebut mendapatkan apresiasi mengenai pencapaian Wenger bersama Meriam London –julukan Arsenal. Catatan 811 kali penampilan itu dimiliki oleh Wenger sejak melatih Arsenal pada 1996 hingga saat ini.

“Saya memuji Wenger karena melampaui rekor saya dalam mengelola 810 pertandingan di Liga Inggris. Ini adalah tonggak sejarah yang fantastis yang membutuhkan standar tinggi, dedikasi, dan manajemen profesional untuk mencapainya. Saya meragukan catatannya, apapun hasilnya, akan tetap terasa sangat luar biasa,” ujar Wenger, mengutip dari Soccerway, Senin (1/1/2018).

“Selamat atas karier dan hasil yang hebat yang luar biasa untuk sepakbola dan Arsenal,” tambah pria berusia 75 tahun itu.

Namun, Wenger belum memiliki hasil yang cukup mentereng seperti Ferguspn saat melatih Manchester Merah. Bahkan Wenger tercatat baru mengoleksi trofi di ajang domestik Inggris sepanjang melatih tim dari Britania Raya.

Wenger sendiri baru mengoleksi tiga raihan trofi Liga Inggris sementara Fergie –sapaan akrab Ferguson– telah meraih 13 piala. Selain raihan dari Liga Inggris, tujuh trofi dari Piala FA dan Community Shield juga telah berhasil dikoleksi oleh Wenger.

(Baca juga: Guardiola Bersyukur Man City Raih Satu Poin di Kandang Crystal Palace)

Jika dibandingkan dengan Ferguson, ia baru mengoleksi lima gelar dari Piala FA dan 10 dari ajang Community Shield. Sementara itu, Ferguson lebih memiliki nilai plus dengan torehan dua trofi dari Liga Champions.

Selain itu, Ferguson juga telah mengoleksi masing-masing satu piala dari ajang Piala Dunia Klub, Intercontinental, dan Piala Super Eropa. Dengan raihan tersebut, agaknya tak mengherankan jika publik Old Trafford menyebut Ferguson sebagai seorang legenda.

(fmh)