oleh

Awal 2018, Kelompok Tani Sehati Kota Dumai Panen Padi Ciherang

Dumai (Inforiau.ID) – Kelompok Tani Sehati diawal tahun 2018 ini melaksanakan panen padi dengan luas ± 5 Ha, jenis Ciherang di Jalan Diponogoro RT. 05 Kelurahan Bukit Datuk Kecamatan Dumai Selatan Kota Dumai. Selasa (9/1/2018).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kadis Hanpangan & Pertanian Kota Dumai Bapak Hadiyono, S.Hut, MM, Pasiter Kodim 0320/Dumai Kapten Arh Bambang Suseno, Staf Dinas KPP Kota Dumai, Staf Bulog Kota Dumai, BPS Kota Dumai, Babinsa, PPL dan Poktan Sehati.

banner 300x250

Pada kesempatan ini Kadis HPP Kota Dumai Bapak Hadiyono menyampaikan, dari hasil panen padi dan di lakukan ubinan untuk mengetahui hasil panen/Ha. Dari hasil ubinan didapatkan perhitungan 1 Ha menghasilkan GKP sebanyak 6,56 Ton dengan jenis padi Ciherang.

“Dimana biasanya panen yang dihasilkan 1 Ha menghasilkan GKP antara 43 – 4,5 Ton, kita terus akan meningkatkan hasil panen para petani untuk meningkatkan tarap hidup petani dengan menggandeng pihak TNI yang selama ini sudah melaksanakan pendampingan Pajale (Padi, jagung dan Kedelai),” ujarnya.

Dilain pihak, dalam keterangannya, Pasi Ter Kodim 0320/Dumai Kapten Arh Bambang Suseso menyampaikan bahwa TNI mulai dari Danramil sampai dengan Babinsa bersama-sama dengan PPL Pertanian selalu bersinergi untuk mendampingi kelompok tani yang ada di Kota Dumai.

“Kita juga selalu menggandeng Bulog setiap kali ada panen di Kota Dumai ini, tetapi memang kendala yang di hadapi masalah harga, HET yang ditetapkan pemerintah masih rendah, sehingga Bulog tidak bisa membeli kepada petani dan juga khususnya tanaman padi yang ada di Kelurahan Bukit Datuk dan Kelurahan Teluk Binjai sebatas untuk konsumsi sendiri karena memang tanaman padi relatif kecil,” pungkasnya.

Pada kesempatan ini juga, selain panen padi juga oleh Dinas KPP Kota Dumai di lakukan ubinan untuk mengetahui hasil panen/Ha nya. (BS)