oleh

Haw Par Villa, Taman Hiburan yang Bikin Anak-Anak Bermimpi Buruk

TAMAN hiburan dibangun agar pengunjungnya merasa senang dan ceria. Tapi beda halnya dengan Haw Par Villa, sebuah taman hiburan di Singapura yang penuh dengan patung mengerikan dari mitologi dan cerita rakyat Tionghoa.

Kehadiran taman hiburan yang dikabarkan sebagai salah satu gerbang neraka ini telah membuat anak-anak Singapura bermimpi buruk selama bertahun-tahun.

banner 300x250

Haw Par Villa dibangun pada tahun 1937 berdasarkan mitologi dan cerita rakyat Tionghoa yang berdasar ajaran Taoisme, Kongfusianisme dan Buddha. Terdiri dari patung-patung yang menggambarkan kisah kera sakti mencari kitab suci ke barat dan legenda ular putih. Tapi sebagian besar patung disini menceritakan 10 pengadilan di neraka secara terang-terangan.

Patung-patung yang terbuat dari lilin ini menceritakan kejadian-kejadian menyeramkan yang akan dialami manusia berdosa di neraka. Patung dipahat dengan sangat menyeramkan. Misalnya saja patung seseorang yang tubuhnya berdarah karena ditusuk kayu berduri, atau orang-orang yang ditanam di dalam tanah dan hanya terlihat kepalanya.

Tak cuma itu, ada patung beberapa orang yang dirantai ke sebuah tiang raksasa sementara petugas neraka menarik ususnya keluar! Ngeri banget… Kehadiran patung mengerikan ini untuk menggambarkan siksaan yang akan dijalani di neraka karena curang saat ujian.

Tak cuma kisah penyiksaan di neraka yang membuat pengunjung ketakutan. Ekspresi ngeri dan kesakitan para manusia di patung serta hadirnya darah dan organ tubuh manusia membuat banyak orang merasa horor. Ada juga patung mengerikan dimana seorang nenek menghisap payudara seorang perempuan lainnya.

Pada tahun 1970an dan 1980an Haw Par Villa sering dikunjungi rombongan anak sekolah. Hal ini yang menyebabkan anak-anak Singapura banyak yang bermimpi buruk sekembalinya dari sana.

Kejadian ini terulang selama beberapa generasi. Warga menjadi semakin merasa ngeri dengan kehadiran taman hiburan ini karena sering mendengar suara jeritan manusia dari dalam taman saat malam hari.

(Baca Juga: Jangan Lupa Lakukan Ini saat Kunjungi Tempat Wisata Angker)

Kabarnya hal itu terjadi karena jeritan itu berasal dari manusia asli yang dipaksa dijadikan patung di Haw Par Villa. Cerita lainnya menyebutkan jeritan berasal dari neraka sungguhan dan bisa didengar karena Haw Par Villa sesungguhnya salah satu gerbang neraka.

Misteri Haw Par Villa membuat taman hiburan ini tak ramai lagi meski bisa dimasuki dengan gratis. Dibangun oleh kakak beradik Aw yang juga menciptakan balsem cap Tiger, Haw Par Villa juga dikenal sebagai taman Tiger Balm. Haw Par Villa yang berada di bukit Pasir Panjang berada dekat dengan MRT Haw Par Villa.

(Baca Juga: Keraton Surosowan Banten, Jelajah Misteri Kolam Pemandian 8 Bidadari dan 2 Ekor Macan Gaib yang Kerap Muncul)

(ful)