oleh

5 Film Horor Indonesia yang Diangkat dari Kisah Nyata

ANDA tentunya sudah biasa mendengar tentang kisah-kisah horor yang ada di Indonesia bukan? Ya, kisah tentang alam gaib dan para makhluk halus yang beredar di Indonesia memang cukup membuat bulu kuduk merinding. Pasalnya, tidak hanya berasal dari fiksi, tapi kebanyakan cerita tentang hal tersebut, datang dari cerita nyata yang pernah terjadi. Hal itu kemudian dibuat menjadi tulisan, bahkan film untuk menjabarkan asal-usul atau kronologi cerita tersebut. Melansir dari berbagai sumber, Minggu (18/3/2018) inilah beberapa kisah horror di Indonesia yang berasal dari kisah nyata.

1. Terowongan Kasablanka

banner 300x250

Terowongan yang berada di bawah Jalan Kuningan, Jakarta Selatan ini mungkin sangat terkenal karena ceritanya yang pernah diangkat menjadi film. Sebenarnya, banyak versi yang menjabarkan tentang betapa mengerikannya terowongan ini. Ada yang mengatakan bahwa dulunya, sebelum dijadikan jalan, ini merupakan kuburan massal, jadi masyarakat masih percaya bahwa ada yang menunggu terowongan tersebut. Kemudian, ada yang mengisahkan tentang wanita yang diperkosa oleh kekasihnya, kemudian dibunuh, dan jasadnya dibiarkan begitu saja. Cerita inilah yang akhirnya diangkat menjadi film ‘terowongan kasablanka’, sosok wanita yang dibunuh tersebut akhirnya menjadi hantu nenek dengan wujud yang mengerikan, itu karena kejadiannya telah terjadi sangat lama.

2. Rumah Pondok Indah

Rumah yang berdiri di kawasan Metro Pondok Indah ini begitu banyak mengundang rasa ngeri bagi orang yang mengetahui ceritanya. Rumah dengan nomor 83 ini mulai dikenal angker sejak tahun 1983, ketika seluruh penghuni rumah tersebut, dibantai oleh sekelompok perampok. Kejadian ini sempat menghebohkan masyarakat sekitar, karena pihak kepolisian tidak dapat mengungkap pelaku perampokan. Cerita ini kemudian diangkat menjadi sebuah film dengan versi yang sedikit berbeda pada tahun 2008, yang mengisahkan sebuah keluarga kecil yang diganggu oleh roh halus bernama Maya, ketika mereka barusaja pindah ke sebuah rumah di daerah Pondok Indah.

3. Si Manis Jembatan Ancol

Salah satu urban legend yang terkenal ini juga berasal kisah nyata, dimana sosok Siti Ariah yang kemudian menjadi hantu Mariam yang mati setelah diperkosa secara bergiliran oleh sekelompok pria, kemudian jasadnya dibuang ke jembatan Ancol. Kabarnya, si manis ini sering menampakkan dirinya lho! Biasanya ia sering tampak berdiri di sekitaran jembatan, ataupun menumpang ojek. Tapi, kini kabar tentang penampakan si manis sudah jarang terdengar.

4. Rumah kentang

Sebenarnya ada beberapa versi terkait cerita ini, salah satunya adalah tentang seorang anak yang jatuh kedalam dandang yang sedang digunakan untuk merebus kentang, kabarnya kentang tersebut akan dihidangkan untuk kenduri. Semenjak kejadian itu, banyak orang yang mengaku kerap mencium aroma kentang rebus yang sangat kuat dan suara tangisan anak kecil saat melintasi rumah yang terletak di daerah dharmawangsa tersebut. Cerita ini kemudian dibuat menjadi sebuah film yang menceritakan hantu anak kecil, yang mengganggu penghuninya, yaitu Farah dan Rika.

5. Danur

Kisah yang dialami oleh seorang wanita bernama Risa, ia merupakan indigo dari kecil. Hal tersebut membuatnya dapat berkomunikasi dengan makhluk yang tidak dapat dilihat oleh semua orang. Lewat film ini akan memperlihatkan bagaimana Risa berkomunikasi dengan teman-teman tak kasat matanya, dan juga rintangan yang ia hadapi ketika ia bertemu makhluk yang jahat.

(ren)