oleh

Tips Aman Belanja Online Gunakan Kartu Kredit

Di zaman serba teknologi canggih, banyak orang memutuskan untuk berbelanja online dibanding harus pergi ke lokasi langsung, demi mempersingkat waktu. Belanja online juga banyak dipilih orang karena melakukannya sangat mudah. Berbeda dengan belanja secara langsung yang terkadang kita harus mengantri saat akan melakukan pembayaran. Belanja online juga banyak memberi kepuasan yang bisa menyamai saat kita belanja offline, produk kebutuhan kita pun banyak tersedia di e-commerce dengan sangat lengkap.

Namun, tahukan Anda jika efek belanja online juga bisa menjadi sasaran pelaku kejahatan maya. Untuk itu penting bagi Anda untuk mengikuti sejumlah pedoman untuk terhindar aksi penipuan dan pencurian data kartu keredit, agar Anda aman saat menggunakannya kartu kredit untuk berbelanja online. Simak dan tips dari Fortinet berikut ini

banner 300x250

1. Gunakan kartu kredit untuk belanja online hanya menggunakan kartu kredit yang dipercayai

Pastikan Anda mengunjungi situs atau toko online yang Anda percaya miliki reputasi yang baik. Mungkin Anda sering menerima email berisi penawaran yang menarik ataupun diskon yang membuat Anda tergiur untuk mengklik link yang tertera di dalam email tersebut. Hindari mengklik link email terutama yang tak jelas asal-usulnya. Karena link seperti ini memiliki kemungkinan membawa Anda ke situs palsu yang sengaja dibuat untuk mencuri data kartu kredit.

2. Belanja Online Gunakan kartu kredit dengan limit kecil

 

Salah satu cara yang dilakukan kebanyakan orang untuk mendapatkan barang-barang atau gadget mahal melalui belanja online adalah dengan memanfaatkan fasilitas cicilan dari kartu kredit. Anda dapat memiliki barang-barang yang diinginkan sambil tetap mengatur anggaran untuk keperluan lainnya. Namun menurut Edwin Lim Country Director Fortinet, untuk menghindari kejahatan cyber internet, sebaiknya Anda menggunakan kartu kredit dengan limit kecil untuk berbelanja.

“Jika ada kejadian penipuan maupun cyber crime dalam transaksi online shopping maka limit kartu keredit yang ditarik jumlahnya limitnya tidak banyak.Jadi saya sarankan gunakan kartu kredit limit kecil untuk transaksi aman belanja online,” ucapnya.

3. Gunakan beragam password

Untuk memastikan sebuah password teruji kekuatannya, pastikan tak menggunakan password yang sama untuk beragam akun. Hal ini berbahaya sebab ketika orang lain mengetahui satu password dari sebuah akun Anda, ia dapat membuka akun lainnya.

Selain itu, sebaiknya tak gunakan informasi pribadi sebagai password. Pemilihan kombinasi seperti itu jelas akan memudahkan penyerang mengetahui password yang digunakan.

4. Gunakan beberapa alamat email

Salah satu cara pencegahan akun yang disalah gunakan adalah memiliki beberapa alamat email untuk berbagai kebutuhan. Satu alamat email dapat digunakan untuk berkirim surat, sementara alamat lain untuk didaftarkan pada situs lain seperti media sosial.

Cara ini dapat mencegah peretas mendapatkan informasi pribadi ketika sudah berhasil membongkar alamat email yang digunakan. Tak hanya itu, Anda juga dapat memiliki email cadangan ketika ada keperluan mendadak.

5. Aktifkan otentikasi dua langkah

Otentikasi dua-langkah memang sedikit merepotkan bagi pengguna yang sering mengakses sebuah situs, seperti media sosial. Sebab, langkah ini membutuhkan nomor PIN yang dikirimkan ke nomor telepon sebelum Anda masuk akun di sebuah situs. Kendati demikian, cara ini termasuk yang menawarkan keamanan lebih baik dengan cara sederhana. Setidaknya tak akan ada orang bertanggung jawab masuk dengan mudah di akun milik Anda tanpa diketahui.

(ren)