oleh

Alasan BP Tapera Tak Membuka Pendaftaran Komisioner dan Deputi secara Langsung

JAKARTA – Panita Seleksi (Pansel) Komisioner dan Deputi Komisioner Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) memutuskan tidak membuka pendaftaran lewat tatap muka langsung. Pansel hanya membuka pendaftaran lewat tiga cara yakni online (website), email dan pengiriman pos.

Ketua Pansel Komisioner dan Deputi Komisioner BP Tapera Anita Firmanti mengatakan tidak dibukanya pendaftaran secara tatap muka langsung dikarenakan dirinya ingin menjaga integritas dari seleksi Komisioner dan Deputi Komisioner. Sekaligus juga menghindari adanya praktik KKN ataupun main mata saat pendaftaran.

banner 300x250

“Kami tidak ada hubungan fisik langsung untuk menjaga kredibilitas dari pansel. Kita lewat website, email atau pos jadi kita tidak bertatap muka langsung,” ujarnya saat ditemui di Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (26/3/2018).

Bahkan lanjut Anita, dalam rangka menjaga kredibilitas pansel juga akan meminta bantuan masyarakat untuk memberikan kepada nama-nama pendaftar. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui apakah yang bersangkutan memiliki rekam jejak keterlibatan hukum.

Pasalnya, dalam pemilihan Komisioner dan Deputi Komisioner haruskah betul-betul bersih dari segala kepentingan. Oleh karenanya dalam persyaratannya adalah tidak boleh cacat hukum dan juga bukan dari anggota partai untuk memastikan independensi dari lembaga tersebut.

“Kemudian kita mengolah dan menerima tanggapan dari masyarakat terutama untuk seleksi administrasi kami tidak menerima calon yang cacat hukum itu sudah menjadi kepastian,” jelasnya.

Pendaftaran sendiri akan mulai dibuka pada tanggal 29 Maret hingga 15 April 2018. Para peserta yang benar bisa melakukan pendaftaran lewat tiga cara yakni lewat online atau website, kemudian lewat email dan yang terakhir lewat pos.

Bagi yang ingin melakukan pendaftaran website bisa membuka dihalaman pansel-tapera.pu.go.id. Sementara bagi yamg ingin melakukan pendaftaran melalui email kepada panselbptapera@pu.go.id ataupun bisa mengirim langsung lewat pos ke Sekertaris Pansel di alamat Kementerian PUPR Gedung A Lantang 2 Wing 1, Jalan Raden Patah I No.1, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12110.

“Pada hari ini mengumumkan adanya pemilihan komisioner dan deputi untuk BP Tapera. Dimana tugas ini selama tiga hari ini akanemberikan pengumuman. Dan peserta selama 10 hari bisa mendaftarkan. Kita (Pendaftaran) lewat website, email atau pos jadi kita,” jelasnya.

(rzy)