oleh

5 Kreasi Tahu Goreng yang Tak Cuma Andalkan Cocolan Sambal Terasi

TAHU panganan tradisional dari Indonesia yang biasa disantap menjadi lauk saat makan nasi. Tapi ada kreasi tahu tak biasa, yang malah bikin jadi camilan enak.

Biasanya tahu sebatas digoreng dan dicocol sambal sebagai pelengkap rasa. Kenikmatannya luar biasa, apalagi dimakan dengan nasi panas. Tahu bisa jadi menu andalan sederhana, tapi membuat orang ketagihan.

banner 300x250

Karenanya, pencinta tahu mencari menu lainnya yang tak kalah enak. Kira-kira ada kreasi dari bahan tahu apa yang berbeda. Dirangkum Okezone, berikut lima jenis kreasinya yang harus kamu tahu.

Tahu krispy

Anak zaman now pasti tahu camilan tahu krispy. Ya, ini adalah makanan ringan enak dari Jawa Barat awalnya. Penjualnya menggoreng tahu dalam bentuk kecil-kecil. Kemudian, ditambah bumbu penyedap rasa yang gurih, pedas atau sedikit asin.

(Foto: Melisakitchen)

Baca Juga: Intip Kamar Anak Siti Nurhaliza, Isinya Bikin Takjub

Tahu aci

Di Slawi, Jawa Tengah ada kreasi tahu goreng dengan aci. Rasanya sangat mantap dan gurih. Tekstur tahunya yang lembut enak sekali digoreng bersama tambahan aci. Cara makannya biasa dicocol dengan sambal kecap. Saat digoreng, harumnya menyeruak di hidung. Apalagi dimakan, Anda tak cukup menyantap satu biji, terutama dalam keadaan panas.

(Foto: Cookpad)

Tahu bakso

Masih dari Jawa Tengah, kamu pasti kenal dengan tahu bakso yang sedap gurih. Cara makannya tergantung selera, karena tahu ini cocok dimakan dengan dikukus atau goreng. Keduanya sama-sama nikmat. Tahu bakso adalah olahan tahu dikombinasikan dengan daging sapi giling serupa dengan bakso. Paling nikmat dimakan bersama kuah kaldu sapi yang menghangatkan perut.

(Foto: Catatanbelajarmasak)

Baca Juga: 5 Camilan Khas Indonesia Ini Go Internasional Buntuti Rendang

Tahu tuna

Pernahkah kamu mengenal kreasi tahu tuna, camilan berbeda dari Pacitan, Jawa Timur? Ya, mungkin bagi sebagian orang belum mengenal makanan ini. Olahan ini sangat berbeda, karena biasanya tahu dikombinasikan dengan daging sapi. Kalau yang ini, tahunya dikreasikan dengan daging tuna segar. Bentuknya serupa dengan tahu bakso, tapi cenderung daging ikannya terasa di lidah.

(Foto: Youtube)

Tofu

Kamu pasti kenal dengan olahan kembang tahu atau tofu. Panganan ini sebenarnya dikenalkan dari budaya China. Ada sari atau ampas tahu kedelai yang dimanfaatkan sebagai makanan yang enak. Kamu bisa bikin kreasi sapo tahu dari tofu yang lembut itu. Selain enak jadi camilan, tofu juga enak disantap menjadi lauk menu makan berat.

(Foto: 1mrecipes)

(hel)