oleh

Fakta-Fakta Boy Thohir Tukar Dolar Senilai Rp25 Triliun

JAKARTA – Beberapa perusahaan kompak untuk mengkonversi Dana Hasil Ekspor (DHE) dari dolar Amerika Serikat (AS) menjadi Rupiah.

Komitmen tersebut tertuang dalam nota Kesepahaman terkait dengan deklarasi bersama peningkatan transaksi rupiah antara PT Adaro Energy Tbk dengan PT Pertamina (Persero), PT Saptaindra Sejati, PT Pama Persada dan PT Bukit Makmur Mandiri Utama.

banner 300x250

Baca Juga: Adaro Komitmen Konversi Dolar ke Rupiah Rp25 Triliun

Berikut beberapa fakta Adaro konversi devisa ekspor hingga miliaran dolar ke Rupiah yang dirangkum Okezone, Kamis (4/10/2018).

1. PT Adaro Energy Tbk (ADRO) bersama mitra kerja kontraktor sepakat mengonversi devisa hasil ekspor (DHE) dari mata uang dolar Amerika Serikat (AS) menjadi Rupiah.

 

2. Sejumlah mitra kerja Adaro itu di antaranya PT Pertamina (Persero), PT Pama Persada, PT Bukit Makmur Mandiri Utama, dan PT Sapta Indra Sejati.

“Hal itu sebagai langkah dunia usaha sektor pertambangan membantu pemerintah menstabilkan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. ”Mudah-mudahan impactnya bagus untuk negara tercinta ini. Jadi, devisa hasil ekspor kita bisa pakai dalam bentuk rupiah,” ujar Presiden Direktur Adaro Energy Garibaldi Thohir.

3. Nilai transaksi yang bisa dikonversikan dari dolar AS ke rupiah untuk kegiatan usaha Adaro bersama mitra kerja kontraktor selama satu tahun diperkirakan mencapai USD1,7 miliar atau setara Rp25 triliun. Sedangkan total transaksi Adaro bersama mitra kerja kontraktor tersebut diperkirakan mencapai USD1,9–USD2 miliar.

 Baca Juga: Konversi Dana Hasil Ekspor ke Rupiah Hanya USD4,4 Miliar

4. Pihaknya merinci transaksi Adaro bersama Pertamina dalam satu tahun terdiri dari pembayaran royalti sebesar USD600–700 juta. Sementara transaksi untuk membayar bahan bakar Pertamina sekitar USD400–500 juta per tahun.

 Nilai Tukar Rupiah terhadap Dolar AS Melemah Jadi Rp14.940 per Dolar AS

5. Adapun transaksi ke kontraktor pengerukan batu bara mencapai sekitar USD600– 700 juta per tahun. Untuk itu, pihaknya mengajak mitra kontraktor lain juga melakukan hal sama.

6. Konversi mata uang dari dolar ke rupiah bersama mitra kerja kontraktor tidak perlu mengubah kontrak yang sudah berjalan. Perubahan transaksi tersebut, hanya dilakukan secara business to business (b to b).

(dni)

Sumber : okezone.com