oleh

Tukang Ojek Online Ini Mengaku Lihat saat Lion Air JT-610 Terbang & Mengeluarkan Asap

JAKARTA – Seorang tukang ojek online bernama Anatasia Lorinda Dorkas Mengko mengaku melihat detik-detik pesawat Lion Air yang jatuh ke Perairan Karawang, Jawa Barat sesaat setelah lepas landas. Pesawat jenis Boeing 737 MAX 8 itu menurutnya mengeluarkan asap tebal tak lama setelahnya.

Anatasia melihat Lion Air itu mengeluarkan asap setelah diberitahukan anaknya yang kaget melihat peristiwa tersebut. Ia tahu persis bagaimana pesawat itu terbang karena kebetulan rumahnya dekat dengan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten.

banner 300x250

“Posisi pesawat miring ke kiri, yakin sekali karena ada tulisan Lion itu, terbang ke atas dengan kepala menukik ke atas, setelah lewat saya lihat bodi bawah itu ada asap antara roda itu yang saya lihat sebelah kanan,” kata Anatasia kepada petugas KNKT di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (1/11/2018).

Begitu melihat pesawat Lion Air mengeluarkan asap, Anatasia langsung syok dan tidak tahu harus berbuat apa. Beberapa saat kemudian pesawat itu hilang dari pandangan matanya sehingga ia melanjutkan aktivitasnya sebagai tukang ojek online.

(Baca juga: Tim Penyelam Sempat Putus Asa Sebelum Temukan Black Box Lion Air)

Anatasia masih ingat betul pesawat Lion Air itu mengeluarkan asap pada Senin 29 Oktober sekira Pukul 06.25 WIB. Ia saat itu tak sampai berpikir bahwa Lion Air dengan rute penerbangan Jakarta menuju Pangkal Pinang itu akan jatuh di laut Karawang.

“Saya enggak tahu ada kecelakaan atau apa, pas saya pulang sekitar setengah 12 saya nyalakan TV, saya lihat ini pesawat yang saya lihat tadi,” imbuhnya.

Foto: Badriyanto

Saat itu juga Anatasia merasa bersalah karena tidak melaporkan kepada pihak Lion Air atau Bandara Soekarno-Hatta yang tidak jauh dari rumahnya. Ia pun memutuskan pergi menemui petugas KNKT di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

“Saya sebagai manusia biasa, saya diam saja saya ikhlas. Tapi sampai kemarin saya seakan-akan enggak bisa tidur, saya merasa bersalah,” ujarnya.

(qlh)