oleh

TNI-Polri Siap Kawal Kedatangan Presiden Jokowi ke Bumi Cenderawasih

JAYAPURA – Aparat gabungan TNI-Polri telah melaksanakan gelar pasukan untuk kesiapan pengamanan rute kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan rombongan yang dijadwalkan berkunjung ke Kabupaten Merauke, Papua, Jumat (16/11/2018).

Kabag Ops Polres Merauke, AKP Leonardo Yoga mewakili mengatakan, sebanyak lima pleton personel dari Polres Merauke ikut gelar pasukan yang dilaksanakan di Makodim 1707/Merauke.

banner 300x250

“Sebanyak lima pleton dari Polres Merauke yang ikut gelar pasukan atau sekitar 150 personel yang terdiri tiga pleton gabungan staf, satu peleton Dalmas, dan satu peleton Lantas,” ujarnya.

Menurutnya, personel Polres Merauke siap mengamankan rute atau jalur jalan yang akan dilalui oleh Presiden Jokowi dan rombongan selama melaksanakan kunjungan kerja di Kabupaten Merauke.

“Tadi dalam arahan saya sampaikan kepada personel agar melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan siapkan kondisi untuk pengamanan nanti, karena tidak tiap hari kita melaksanakan tugas seperti ini,” katanya pula.

Pada momentum itu, AKP Leonard Yoga yang pernah menjabat sebagai Kabag Ops Polres Jayapura Kota itu, juga berpesan agar personelnya tidak membuat kesalahan yang bisa berakibat fatal. “Jangan membuat malu institusi Polri. Kita harus tunjukkan kemampuan untuk amankan kunjungan kerja RI-1 di Merauke,” tegasnya.

Presiden Jokowi

Yoga mengaku, susunan acara dan rute mana yang akan dilewati oleh mantan Gubernur DKI Jakarta dan rombongan itu sudah ada, namun perlu diwaspadai jika tidak sesuai jadwal atau yang sudah disusun.

“Perlu diwaspadai bahwa susunan acaranya yang tidak sesuai jadwal, bila berubah sewaktu-waktu anggota harus siap untuk amankan baik tempat dan jamnya,” katanya pula.

Kegiatan gelar pasukan pengamanan rute diikuti oleh seluruh personel TNI dan Polri yang ada di Merauke. Presiden Jokowi ke Merauke untuk meresmikan monumen kapsul waktu dan akan berkunjung ke Sota, perbatasan RI-Papua Nugini (PNG) untuk melihat lebih dekat kawasan tersebut yang akan dirombak seperti PLBN Skouw-Wutung, Kota Jayapura.

(put)