oleh

KKB Papua Dilaporkan Bantai 24 Pekerja Jembatan, Polisi Bergerak ke Lokasi

JAYAPURA – Sebanyak 24 orang pekerja jembatan di Kali Yigi dan Kali Aurak, Distrik Yall, Kabupaten Nduga dikabarkan tewas dibunuh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah itu, Minggu 2 Desember 2018.

Peristiwa tersebut diinformasikan oleh pendeta Wilhelmus Kogoya, seorang tokoh gereja distrik Yigi, melalui radio SSB, Senin (3/12/2018) sekira Pukul 15.30 Wit.

banner 300x250

Pendeta Wilhelmus mengatakan, 2 tukang melarikan diri dan selamat, sementara ini mereka sudah sampai di Distrik Mbua, sedangkan 8 orang tukang bangunan yang berada di Distrik Yal sementara diselamatkan oleh keluarga Wakil ketua I DPRD Nduga, Alimi Gwijangge dan dibawa lari ke Distrik Koroptak dalam keadaan selamat.

Ilustrasi.

Wakapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf. Dax Sianturi mengatakan masih melukukan pengecekan informasi tersebut.

“Iya mas. Kami sudah terima info tersebut. Kami masih mengecek validitas info tersebut. Mengingat wilayah tersebut belum ada sinyal, kami masih terkendala untuk memperoleh info valid,” kata Wakapendam saat dihubungi.

(Baca juga: Usai Turunkan Penumpang, Tukang Ojek Ditembak Anggota KKB Papua)

Atas informasi tersebut, pihaknya sudah menyiagakan pasukan di sekitar wilayah kejadian. “Sementara menyiagakan pasukan di satuan maupun pos-pos TNI yang relatif dekat dengan TKP, tentu kita akan pantau dinamika yang terjadi di lokasi,” katanya.

Informasi yang diperoleh, pembunuhan oleh KKB terhadap para pekerja jembatan tersebut terjadi ketika kelompok KKB merayakan HUT Kemerdekaan Papua pada 1 Desember. Saat itu diduga ada pekerja yang mengabadikan perayaan menggunakan HP hingga menimbulkan kemarahan dari KKB.

Mereka kemudian melakukan pembantaian terhadap para pekerja. Hingga saat ini Kelompok GSPB masih di lokasi pembunuhan dan menjaga para korban-korban pembunuhan tersebut. Korban merupakan para pekerja dari PT. Istaka (BUMN) yang beralamat di Jakarta dan Wamena.

Sekira Pukul 15.30 Wit, anggota Polres Jayawijaya yang dipimpin oleh Kabagops Polres Jayawijaya, AKP Tahapari menuju TKP di Distrik Yall.

(qlh)