oleh

Benarkah Suara Aneh di Langit Jateng dari Pesawat Ukraina? Ini Kata TNI AU

JAKARTA – Suara aneh meraung di langit yang terdengar oleh warga Jawa Tengah hingga Jawa Barat bagian utara pada Jumat 14 Desember dini hari masih misteri. TNI Angkatan Udara ikut memberi komentar terkait suara yang bikin heboh tersebut.

Menurut TNI AU, suara tersebut bukan berasal dari pesawat Antonov milik Ukraina, karena jika masuk wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pesawat itu pasti termonitor radar.

banner 300x250

Hal itu disampaikan akun Twitter resmi @_TNIAU menjawab seorang pengguna media sosial dengan akun @YuhdiSusanto yang mengunggah gambar screenshoot Fligh Radar 24 yang menampilkan pesawat Antonov AN-12 nomor penerbangan UKL4082 melintasi Jawa Tengah.

“Nope, pesawat AN-12 milik Ukraina tersebut selama memasuki wilayah udara NKRI selalu termonitor berada di ketinggian 22.000 feet dan ukurannya relatif tidak jauh berbeda dengan pesawat C-130 Hercules. Secara teori fisika tidak akan mengeluarkan bunyi seperti yang sedang viral,” tulis akun @_TNIAU.

TNI AU menyatakan bahwa sejauh ini seluruh penerbangan di wilayah udara NKRI terpantau oleh radar. Pun, jika ada pesawat asing yang melintas itu sudah seizin berbagai pihak dan dimonitor oleh Kohanudnas.

Sebelumnya warga di Cirebon, Jawa Barat, Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang, hingga Semarang, Jawa Tengah geger oleh suara menderu dari langit, Jumat sekira pukul 01.00 WIB dini hari. Mereka mengira asal suara itu dari pesawat, namun tidak terlihat di angkasa.

Manager Humas AirNav Indonesia, Yohanes Sirait mengatakan memang pukul 01.00 WIB banyak pesawat melintas di atas langit Jawa Tengah.

(Baca juga: Suara Aneh Misterius di Langit Jateng Gegerkan Warga)

“Kalau di jam-jam seperti itu (01.00 WIB) banyak pesawat yang melintas di atas ruang udara, karena di atas Jawa Tengah itu kan ada rute jalur namanya W45. Itu jalur yang paling sibuk di dunia,” katanya.

(Baca juga: Fenomena Langit Indonesia Spektakuler)

“Tapi apakah itu (mendengung) suara pesawat, saya enggak tahu. Pertama saya enggak dengar, lalu saya juga ada di Jakarta. Kalau suara pesawat, pesawat juga sering melintas di sana, harusnya (warga) lebih sering mendengar,” tukas Yohanes.

(sal)

Sumber : okezone.com