oleh

Libur Natal dan Tahun Baru, DPRD Minta Dinas PU Siagakan Alat Berat di Jalan Lintas Riau-Sumbar

PEKANBARU – Seiring dengan libur panjang, Natal dan tahun baru, intensitas pengguna jalan lintas Riau – Sumatera Barat (Sumbar) diperkirakan meningkat.

Karena itu, Wakil Ketua DPRD Riau Noviwaldy Jusman, meminta agar Dinas PU mensiagakan alat berat di beberapa titik tertentu. Mengingat saat ini curah hujan masih tinggi. Jika terjadi longsor, alat berat yang sudah siaga bisa langsung melakukan evakuasi.

banner 300x250

“Saya mendapat laporan sejak Sabtu (22/12/2018) jalan lintas Riau – Sumbar sudah padat. Sedangkan intensitas hujan masih tinggi. Makanya Dinas PU harus siagakan alat berat. Kalau misal terjadi longsor biar langsung dieksekusi,” ujar politisi yang akrab disapa Dedet tersebut kepada GoRiau.com di Pekanbaru, Senin (24/12/2018).

Dedet mengakui, jumlah masyarakat Riau yang memilih berliburan di Sumbar cukup banyak. Menurutnya, peletakan alat berat di lokasi rawan bisa menjadi solusi jangka pendek. Tapi untuk solusi jangka panjang pihaknya berjanji akan melakukan kajian bersama DPRD dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

“Jumlah masyarakat Riau yang ke Sumbar itu sangat banyak. Apalagi musim liburan seperti ini. Maka kami akan kaji. Pertama karena ini menyangkut lintas provinsi tentunya akan ada kerjasama antara dua kepala daerah,” jelasnya.

Selanjutnya, DPRD Riau akan mencoba meminta bantuan pemerintah pusat untuk membangun penyayangga permanen di lokasi rawan. Sebab, rata-rata lokasi rawan longsor di Jalan Lintas Riau-Sumbar tidak punya penyangga, sehingga rawan longsor.

“Tidak bisa hanya penyangga sementara. Harus permanen. Karena sudah banyak yang gundul,” tuturnya.

Kepada aparat pengamanan, Dedet juga meminta agar mensiagakan petugas pada beberapa titik rawan. Sehingga ketika terjadi musibah, korban atau masyarakat yang melintas langsung mendapat penanganan.

“Kami juga akan meminta bantuan Kapolda juga supaya ada petugas khusus yang siaga,” tukasnya.