oleh

Di Amerika, Mantan Menteri Perdagangan Blak-blakan Bicara Fakta Kinerja Jokowi

JAKARTA – Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja (TKN-KIK) diundang oleh The United States-Indonesia Society (USINDO) pada “Special Open Forum Luncheon Series on Indonesia’s 2019 Presidential Election: The Candidates’ Coalitions Present Their Views” di Washington DC, Amerika Serikat. Mantan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi hadir mewakili TKN dalam program selama dua jam ini.

Lutfi memulai pemaparannya dengan mengajak hadirin untuk melihat Indonesia di 2045 berdasarkan mega trend global. Di umur 100 tahun nanti, Indonesia diprediksi menjadi negara terbesar ke empat di dunia.

banner 300x250

Dia juga membeberkan data dan fakta pencapaian kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mendukung penuh tercapainya Indonesia maju.

Tak hanya sukses membangun infrastruktur di Indonesia, kata dia, Presiden Jokowi juga turut membangun manusia Indonesia. Fakta ini nampak dari tingginya jumlah anak Indonesia penerima penghargaan Olimpiade Fisika International, dimana Indonesia berada di urutan ke tiga se-Asia Tenggara.

Ketika membahas profil skenario ekonomi Indonesia ke depan, M. Lutfi memukau audiens dengan data-data detail untuk mengeluarkan Indonesia dari apa yang disebut ‘jebakan pendapatan menengah’.

“Mantan Menteri Perdagangan ini menyenangkan dan tulus, terutama ketika dia meyakinkan audiens yang besar ini bahwa kekuatan Indonesia terletak dalam keragamannya, dan bahwa dengan Jokowi sebagai presiden, Indonesia bisa terus menjadi negara yang moderat,” ujar Professor Jane Steele, Direktur Institute for Public Diplomacy & Global Communication, The George Washington University memberikan komentarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Okezone, Jumat (15/2/2019).

Pertemuan yang dikemas dalam makan siang ini dihadiri sejumlah mantan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, diplomat, pimpinan perusahaan, juga akademisi yang memiliki perhatian khusus terhadap Indonesia. Dari beberapa sumber yang tidak ingin disebutkan namanya, mereka memuji pemaparan yang diberikan Tim Ahli TKN tersebut.

(Baca Juga: Milenial Muslim Bersatu Deklarasikan Dukung Jokowi-Ma’ruf Amin)

“Ini bahkan lebih baik daripada pemaparan perwakilan BPN yang hanya memberikan enam permasalahan di Indonesia, tanpa solusi yang jelas,” ujarnya.

Kehadiran M. Lutfi dengan fakta-fakta juga menuai respon positif dari WNI yang hadir, “Bagus. Slide presentasi dan angka-angka itu benar-benar menunjukkan kalau TKN memperhatikan fakta lapangan dan bukan sekedar insting atau perasaan,” ujar Dira Hanifa, mahasiswi Indonesia di Washington DC.

Hadirnya M. Lutfi dalam acara USINDO ini juga menjadi salah satu agenda kunjungan TKN ke Amerika Serikat sejak minggu lalu. M. Lutfi hadir bersama aktris legendaris Christine Hakim dan Lathifa Al Anshori, Wakil Direktur Penggalangan Pemilih Perempuan TKN KIK.

(aky)