oleh

Ramai Dihadiri Masyarakat, Polres Siak Terbilang Sukses Gelar Acara Millennial Road Safety Festival

Didampingi plt Bupati Siak, Alfedri, Kapolres Siak AKBP Ahmad David lepas balon ke udara sebagai tanda dimulainya acara Milenial Road Safety festival.

SIAK SRI INDRAPURA – Acara puncak Millennial Road Safety Festival yang hari ini serentak berlangsung di 12 Kabupaten Kota se Provinsi Riau, berlangsung meriah juga di Kabupaten Siak. Polres Siak yang dipimpin Kapolres Siak, AKBP Ahmad David SIK terbilang sukses mengajak generasi milenial untuk cinta lalu lintas menuju Indonesia gemilang.

Tidak hanya personil Satlantas Polres Siak saja yang terlihat sibuk mempersiapkan acara, hampir seluruh personil Polres Siak turun secara bersama-sama menjadi panitia mulai dari jalan sehat yang dilepas di depan Istana Siak, dilanjutkan senam bersama, pembacaan deklarasi, pemberian cap tangan oleh Forkompinda serta acara seremonial dan penutup pembagian doorprize. 

banner 300x250

Warga Siak mengaku senang dengan adanya kegiatan Millennial Road Safety Festival ini. Bahkan sejak iklan kegiatan itu mulai bermunculan di media sosial dan media online sekitar Januari 2019 lalu, warga sudah membuat pesan pengingat di hp masing-masing.

“Pastinya ada kegiatan olahraga dan bagi-bagi hadiah. Tapi yang lebih bikin kepo lagi, kegiatan ini berlangsung serentak di seluruh Indonesia. Makanya penasaran untuk ikut acara ini, dan benar beda dari acara-acara sebelumnya yang juga berlangsung di lapangan Tengku Mahratu,” kata Rumina kepada GoRiau.com, Minggu (24/2/2019).

Selain itu juga, para korban laka lantas juga hadir dalam acara tersebut dan menceritakan pengalaman kelamnya saat ugal-ugalan berkendara hingga membuatnya harus mengenakan tongkat saat berjalan. 

Kapolres Siak, AKBP Ahmad David SIK dalam kesempatan itu menyampaikan pesan untuk Generasi milenial. Dikatakannya kegiatan ini sengaja dilakukan oleh Lalu lintas Polri di seluruh Indonesia. 

Generasi milenial itu adalah generasi 17 sampai 35 tahun, generasi yang hobi dengan digital dan hobi media sosial, yang penuh semangat, produktif, serta penerus bangsa kedepan. 

“Berdasarkan data kemarian di dunia maupun di Indonesia, laka lantas itu menjadi penyebab kematian tertinggi kedua setelah penyakit lainnya. Kecelakaan lalu lintas ini 70 persen terjadi karena melanggar lalu lintas, 2 orang meninggal dalam 1 jam, 48 orang meninggal sia-sia dalam 1 hari,” kata Kapolres Siak.

Untuk itulah, lanjutnya, kenapa penting kegiatan ini dilakukan secara serentak dan besar-besaran di seluruh Indonesia. Generasi produktif ini harus menanamkan rasa cinta lalu lintas sehingga dapat tertib lalu lintas saat berkendara. 

“Kami menghimbau generasi milenial untuk tidak ikut-ikutan dengan geng motor, kebut-kebutan di jalan raya dan memiliki kesadaran pada diri sendiri untuk selalu tertib berlalu lintas. Sayangi diri sendiri dan jadilah pelopor tertib berlalu lintas,” harapan AKBP Ahmad David. 

Keberhasilan Polres Siak juga dipuji oleh Plt Bupati Siak, Drs Alfedri. Beliau yang sebelumnya ikut jakan sehat dan memimpin pembacaan deklarasi milenial yang diikuti ribuan masyarakat sangat memberikan apresiasi kepada Polres Siak yang sudah mempersiapkan acara untuk menyadarkan generasi muda akan pentingnya tertib berlalu lintas. 

“Tentu tertib lalu lintas ini terus dikampanyekan oleh generasi milenial yang ada di seluruh Kabupaten Siak. Kita ingin zero aciden di wilayah Kabupaten Siak ini, apalagi pemerintah juga turut membantu dengan memperbaiki jalan-jalan yang rusak. Untuk itu kami mengharapkan partisipasi penuh relawan mengkampanyekan ini,” kata Alfedri.