oleh

Pentingnya Listrik Bagi Kehidupan dan Pendidikan di Meranti

Ilustrasi

SELATPANJANG – Listrik merupakan sebuah kebutuhan bagi kehidupan di zaman modren yang serba canggih ini. Selain kebutuhan rumah tangga listrik juga sangat dibutuhkan untuk mengakses teknologi.

Demikian diungkapkan Asisten III Setdakab Meranti H Rosdaner SPd dalam serangkaian kegiatan di Rangsang Barat, pada Kamis (4/4/2019) siang. Menurutnya pula, kehadiran listrik terutama di daerah-daerah terpencil tentu sangat diharapkan.

banner 300x250

“Sekarang ini zaman serba canggih, dan sesuai dengan perkembangan teknologi bahwa hampir semua peralatan di rumah tangga dalam kehidupan sehari-hari membutuhkan listrik,” ujar Rosdaner.

Kata Rosdaner pula, selain peralatan dalam rumah tangga, kebutuhan listrik saat ini sangat berpengaruh kepada dunia pendidikan, mulai dari mengakses internet lewat komputer maupun sejenis ekektronik lainnya tentu membutuhkan aliran arus listrik.

“Tanpa listrik mana mungkin hidup dan bisa diakses. Jadi kebutuhan listrik dalam kehidupan sehari-hari maupun perkembangan dunia pendidikan itu sangat penting dan sesuai dengan kebutuhan saat ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kepulauan Meranti Muzammil Baharudin, mengungkapkan hal yang sama, bahwa kehadiran listrik sangat dibutuhkan tidak hanya di kehidupan sehari-hari dalam keperluan rumah tangga akan tetapi juga bagi dunia pendidikan.

“Dengan adanya listrik anak-anak sekolah sudah bisa menggunakan komputer, karena beribu pun komputer yang ada di sekolah kalau tidak ada listrik sudah tentu tidak bisa dimanfaatkan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Muzamil juga menyinggung terkait pentingnya kebutuhan listrik di daerah-daerah pulau terpencil dan sulutnya mendapatkan arus listrik, salahsatunya di Kecamatan Rangsang Barat.

“Contohnya di Kecamatan Rangsang Barat ini, kalau listriknya sudah hidup 18 jam tentu akan menjadi kemudahan bagi masyarakat apalagi bisa hidup selama 24 jam nantinya,” tuturnya.

Menurut Muzamil pula, bukan hanya kepentingan itu saja, dengan perpanjangan waktu hidup listrik itu juga akan menambah bahkan menghadirkan aktifitas lain terutama dalam peningkatan ekonomi menuju kesejahteraan hidup.

“Ibu-ibu rumah tangga bisa pakai blender untuk buat kue dan buat es. Kalaulah hidupnya nanti sampai jam 12 menjelang jam 5 petang, es nya belum sempat cair dan listriknya sudah hidup kembali,” ungkapnya.