oleh

Bulan Ramadhan, Pansus LKPj Ngaku Lebih Semangat Tinjau Kinerja Gubernur Selama Tahun 2020

PEKANBARU – Ketua Panitia Khusus (Pansus) Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Kepala Daerah Tahun 2020 DPRD Riau, Marwan Yohanis mengatakan pihaknya akan segera bergerak untuk mendalami kinerja pemerintahan Gubernur Syamsuar sepanjang tahun 2020 lalu.

“Pansus kan baru dibentuk, saya sudah kirim surat ke anggota, mungkin hari Senin kami akan langsung rapat internal, membuat jadwal dan menginvetarisir permasalahan,” kata Politisi Gerindra ini, kepada GoRiau.com, Sabtu (17/4/2021).

banner 300x250

Meski bekerja di bulan ramadhan, Marwan mengharapkan anggota Pansus bisa bekerja dengan optimal, bahkan harus lebih semangat. Karena bagaimanapun, ibadah puasa tidak boleh menjadi halangan dalam bekerja.

Adapun bahan-bahan Pansus, jelas Marwan, didapat dari berbagai sumber terutama dari pandangan fraksi. Nantinya, dari hasil pembahasan Pansus, akan dikeluarkan rekomendasi terhadap kinerja pemerintah, apakah dilanjutkan atau dihentikan saja.

Dia mencontohkan, misalnya program hibah ternak. Jika, program tersebut berhasil meningkatkan penghasilan kelompok ternak, maka Pansus akan merekomendasikan supaya program ini dipertahankan. Begitu juga dengan program lain.

Marwan memahami jika pihaknya tidak bisa serta merta menghentikan suatu kebijakan, namun setidaknya rekomendasi dari Pansus nantinya sudah melewati berbagai penilaian.

“Kita tidak melihat salah satu benar, tapi kita melihat kinerja dan dampaknya. Program pemerintah yang tak memiliki dampak positif bukan berarti salah, mungkin pelaksanaannya kurang maksimal, ini yang akan kita dalami,” pungkasnya.