oleh

Bartholemy: Honda Lebih Sulit Dikendarai tapi Cukup Baik ketimbang Yamaha

GOSSELIES – Kepala Tim Marc VDS, Michael Bartholemy, memberikan pendapatnya mengenai perbedaan motor Honda dan Yamaha. Menurutnya, Honda merupakan pabrikan di mana motornya akan sulit untuk dikendarai.

Hal itu membuat Bartolemy memberikan sedikit nasihat kepada Thomas Luthi yang akan menjalani debutnya di MotoGP 2018. Bartholemy menegaskan bahwa Honda memang sukar untuk dikendarai namun dengan pembalap yang tepat akan menghasilkan prestasi yang gemilang.

banner 300x250

Salah satunya dengan mengantarkan Marc Marquez yang menjuarai MotoGP sebanyak empat kali. Selain itu, Bartholemy juga menyoroti beberapa pembalap Honda yang masuk ke dalam jajaran 10 besar di race terakhir di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia.

“Kami belum berada di tempat di mana Yamaha berada. Tidak mungkin. Yamaha lebih mudah untuk dikendarai dibandingkan Honda. Intinya, jika Anda membuat keputusan untuk naik di kelas MotoGP dan memilih tim, Anda harus tahu motor yang akan Anda tunggangi. Anda sebagai pembalap yang tahu diri Anda sendri. Hal itu juha yang saya tekankan ke Tom,” ujar Bartholemy, mengutip dari Speedweek, Senin (25/12/2017).

“Ada orang yang menang di motor ini seperti Marquez. Tapi di Valencia, ada lima pembalap Honda yang masuk ke dalam jajaran 10 besar. Motornya bekerja tapi memang sulit untuk dikendarai. Tentu saja, Honda tidak bekerja lebih buruk dibandingkan pesaing kami. Pembalap Ducati misalnya yang memiliki minggu yang buruk di Valencia. Kami tidak akan pernah melakukan akselerasi seperti Ducati atau tampil lebih baik di trek lurus. Kami memiliki tiga atau bahkan empat poin keunggulan dari tim lainnya,” tambah Bartholemy.

Musim depan, Marc VDS akan menjalani musim dengan dua pembalap anyar mereka yakni Luthi dan satu lainnya adalah Franco Morbidelli. Kedua pembalap sebelumnya, Jack Miller dan Tito Rabat, sama-sama hengkang ke pabrikan lain.

Keduanya sama-sama bernaung di Ducati. Miller sendiri bergabung dengan Pramac Ducati yang nantinya akan bersanding dengan Danilo Petrucci. Lalu Rabat akan bergabung dengan Avintia Ducati dengan pembalap debutan yakni Xavier Simeon.

(fmh)