oleh

Manchester United dan Man City Buru Bek Barcelona

BARCELONA – Liverpool baru saja memecahkan rekor transfer bek termahal di dunia. The Reds –julukan Liverpool– mendatangkan palang pintu Southampton, Virgil van Dijk, seharga 75 juta pounds atau sekira Rp1,36 triliun. Van Dijk dihargai mahal karena kehadirannya sangat dibutuhkan Liverpool.

Pesepakbola berpaspor Belanda itu diharapkan dapat menutupi lubang menganga di jantung pertahanan Liverpool racikan Jurgen Klopp. Sementara itu, keberhasilan Liverpool mendatangkan bek berharga mahal rupanya memantik klub Raksasa Inggris lain untuk melakukan hal serupa.

banner 300x250

Seperti diberitakan Don Balon, Jumat (29/12/2017), Manchester United dan Manchester City membidik bek Barcelona, Samuel Umtiti. Tidak heran Umtiti menjadi target. Bek berpaspor Prancis itu tampil brilian bersama Blaugrana –julukan Barcelona– musim ini.

BACA JUGA: Barcelona Adakan Pertemuan dengan Liverpool untuk Bahas Transfer Coutinho

Mantan pemain belakang Olympique Lyon itu mencatatkan rata-rata lima aksi bertahan di setiap pertandingan. Catatan itu persis dengan tandem Umtiti di jantung pertahanan Barcelona, Gerard Pique. Selain itu, alasan lain duo Manchester membidik Umtiti karena mereka membutuhkan tambahan personel di lini belakang.

Saat ini bisa dibilang hanya Phil Jones dan Marcos Rojo yang bermain konsisten saat dipercaya turun mengawal lini belakang Man United. Namun, kedua nama itu sering mengalami cedera. Sementara di skuad Man City, pelatih Josep Guardiola tak bisa terus-menerus mengandalkan duet Vincent Kompany dan Nicolas Otamendi. Apalagi Kompany rentan terkena cedera.

BACA JUGA: Ronaldo Sarankan Coutinho Tidak Pindah ke Barcelona

Hal yang membuat Barcelona panik karena klausul pelepasan Umtiti tak terlalu mahal untuk dipenuhi klub teras Liga Inggris. Saat ini pesepakbola berusia 24 tahun itu hanya memiliki klausul pelepasan sebesar 60 juta euro atau sekira Rp970 miliar.

Karena itu, Barcelona wajib memperbarui kontrak Umtiti plus menaikkan harga klausul pelepasannya. Jika tidak, klub yang bermarkas di Estadio Camp Nou itu harus rela melihat Umtiti membela klub lain di paruh kedua musim 2017-2018.

(Ram)