Polda Metro: Hari Ini 1.000 Pengemudi Online Berunjuk Rasa Depan Istana

Global, Headline75 Dilihat

JAKARTA – Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengabarkan, pihaknya telah menerima surat pemberitahuan aksi unjuk rasa dari elemen pengemudi online di depan Istana Negara.

Menurut Argo, dalam surat pemberitahuannya itu, aksi akan berlangsung hari ini sekira pukul 10.00 hingga 18.00 WIB di depan Istana Merdeka Jakarta, menyoal tentang Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub)108 Tahun 2017 tetang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek serta penerapan sistem tarif angkutan online..

banner 300x250

“Hari ini ada aksi unjuk rasa dari Roda Dua Indonesia, dari surat pemberitahuan yang kami terima estimasi massa sekitar 1000 orang,” kata Argo saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (27/3/2018).

Argo menegaskan, berkaitan dengan aksi unjuk rasa itu, polisi juga telah menyiapkan pasukan pengamanan yang jumlahnya tidak kalah banyak dengan massa aksi yakni ada ribuan personel yang siap mengawal aksi hingga usai.

“Ribuan pasukan siap,” tutup mantan Kepala Bidang Humas Polda Jawa Timur itu.

Sekedar informasi, Permenhub 108 Tahun 2017 itu sudah lama menuai kritik dari para elemen pengemudi angkutan online karena dianggap sama dengan peraturan yang sebelumnya, yang pernah ditolak oleh Mahkamah Agung (MA).

Setidaknya, ada sembilan regulasi dalam aturan baru itu, selain uji KIR antara lain mengatur soal argo, penetapan tarif batas bawah dan tarif batas atas, kuota kendaraan, wilayah operasi, domisili Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) yang harus sesuai wilayah operasi, dan Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT).

(muf)