oleh

Sukseskan Germas di Siak, Indra Gunawan Ajak Masyarakat Terapkan 5 Kebiasaan Hidup Sehat

SIAK – Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) yang kini tengah digalakkan Pemerintah Pusat termasuk di wilayah Kabupaten Siak mendapat dukungan penuh dari Ketua DPRD Kabupaten Siak, Indra Gunawan.

Dikatakannya, masyarakat dalam kehidupan sehari-hari sudah selayaknya menerapkan gaya hidup sehat. Karena itu merupakan salah satu wujud revolusi mental.

banner 300x250

“Masyarakat yang sudah terbiasa membudayakan hidup sehat, berarti telah mampu mengubah kebiasaan atau perilaku tidak sehat. Ini yang harus dicontoh juga oleh masyarakat Siak,” kata Indra Gunawan kepada GoRiau.com, Senin (3/12/2018).

Menurut Indra, perbaikan lingkungan dan perubahan perilaku kearah yang lebih sehat perlu dilakukan secara sistematik dan terencana oleh semua komponen bangsa.

“Untuk itu Germas menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik,” kata Indra lagi.

Germas dimulai sejak tahun lalu dengan lima kegiatan fokus utama yaitu melakukan aktifitas fisik selama 30 menit per hari, mengkonsumsi buah dan sayur, memeriksa kesehatan secara rutin minimal 6 bulan sekali sebagai upaya deteksi dini penyakit, tidak merokok dan buang air besar menggunakan jamban.

“Sebenarnya, kampanye Germas merupakan upaya untuk mengedukasi masyarakat agar melakukan gaya hidup sehat serta mencegah terjadinya penyakit diawali dari diri sendiri. Kemauan dan kemampuan berperilaku sehat itu harus diterapkan dari diri sendiri,” sebut Indra lagi. ***